Rekomendasi Makanan yang Mengandung kalsium Tinggi untuk Ibu Hamil

Rekomendasi Makanan yang Mengandung kalsium Tinggi untuk Ibu Hamil

Kalsium merupakan salah satu zat yang penting untuk tubuh. Tidak hanya bagus dikonsumsi oleh anak-anak saja, ternyata kalsium juga bagus untuk ibu hamil loh. Ibu hamil sangat membutuhkan  makanan yang mengandung kalsium tinggi untuk ibu hamil. Zat ini digunakan untuk perkembangan janin dimana membantu dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi.

Sumber kalsium pada bayi tentunya berasal dari tubuh ibunya. Oleh sebab itu, apabila wanita yang sedang hamil mengonsumsi asupan kalsium yang cukup maka bisa dipastikan tubuh kembang bayi dalam kandungan akan baik. Selain  untuk pertumbuhan bayi, kalsium juga membantu calon ibu terhindar dari oeosteoporosis pada kemudian hari.

Apa Rekomendasi Makanan Dan Minuman Yang Mengandung Kalsium Tinggi Untuk Ibu Hamil ?

Jika anda sedang mengalami masa kehamilan, maka anda sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai macam jenis makanan serta minunam yang banyak mengandung vitamin dan kalsium. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan yang mengandung kalsium cukup  tinggi  untuk ibu hamil yang wajib dikonsumsi, yaitu

1. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan yang terbuat dari fermentasi susu. Yoghurt juga menjadi salah satu makanan yang direkomenasikan untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Dalam yoghurt terdapat kandungan kalsium sekitar 338 mg.

Jumlah ini setara dengan jumlah dari sepertiga kebutuhan wanita hamil. Yoghurt biasanya mempunyai rasa hambar. Namun untuk menambah rasa, anda bisa menambahkan potongan buah atau madu.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

2. Susu

Selain mengonsumsi yoghurt, ibu hamil juga disarankan untuk konsumsi susu. Susu mengandung banyak kalsium serta protein yang baik untuk ibu hamil. Tidak hanya susu sapi, ibu hamil juga bisa mengonsumsi susu yang berasal dari bahan lain misalnya saja kedelai dan almond. Banyaknya kandungan kalsium dalam susu adalah sebesar 300 mg dalam tiap cangkir.

3. Keju

Siapa sih yang tidak suka dengan Keju? Keju merupakan makanan favorit setiap orang. Makanan ini biasanya  di tambahkan pada roti dan makanan lainnya. Keju mempunyai rasa yang gurih dan lezat

Di balik rasa gurih dan lezat itu, ternyata Keju mempunyai manfaat yang bagus untuk ibu hamil loh. Anda bisa memilih berbagai jenis Keju Misalnya Keju cheddar, Swiss atau mozzarella. Tapi jangan konsumsi Keju mentah ya. Agar lebih bervariasi, anda bisa menambahkan Keju pada makanan misalnya pada roti, orak -arik, dan sayuran.

4. Tahu & Tempe

Tahu dan Tempe terdapat sekitar 434 mg kalsium setiap porsinya. Makanan satu ini merupakan makanan khas Indonesia yang bisa dijumpai di berbagai tempat. Makanan yang terbuat bahan kedelai ini ternyata menghasilkan sumber energi protein nabati yang sangat sehat.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat terkenal mempunyai khasiat yang bagus untuk kesehatan. Dalam sayuran tersebut mengandung banyak asam folat dan zat besi. Selain itu, sayuran ini juga mengandung banyak kalsium yang baik baik untuk mama. Ada berbagai macam sayuran hijau yang bisa anda konsumsi yaitu sawi, bayam hijau, bayam, katuk dan juga Brokoli.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda cukup meengolahnya dengan cara dikukus atau direbus sebentar. Hal ini supaya kandungan vitamin dan mineral tetap terjaga di dalam tubuh. Pada saat direbus, anda juga bisa meminum kuah beningnya untuk menambah asupan vitamin serta mineral ya.

6. Sari Kedelai

Kedelai memang memiliki kandungan gizi yang besar bagi kesehatan. Selain ada pada tempe dan tahu, anda juga bisa mengonsumsi sari kedelai. Sari kedelai adalah salah satu makanan yang mengandung kalsium tinggi  untuk ibu hamil.

Makanan ini berasal dari sari rebusan air kedelai. Di dalamnya mengandung banyak zat besi dan kalsium yang tinggi yang bisa bagus untuk menjaga kesehatan janin dan juga menjaga kesehatan ibu hamil. Anda bisa mengonsumsi dalam keadaan hangat sebagai teman untuk sarapan.

Nah itu adalah beberapa jenis makanan yang mengandung  kalsium tinggi untuk ibu hamil. Yuk segera konsumsi sari kedelai yang akan membuat tubuh menjadi sehat selama masa kehamilan.  Jangan lupa, istirahat yang cukup ya.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan