Penting! Hal-Hal Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil Muda

Penting! Hal-Hal Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil Muda

Kehamilan memang menjadi sebuah moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Bagaimanapun, kehadiran buah hati di tengah keluarga akan membawa kebahagian tersendiri. Oleh karena itu, Bunda harus memberikan perhatian ekstra selama masa kehamilan dengan cara mencukupi nutrisi dan mematuhi hal-hal yang harus dihindari oleh Ibu hamil muda.

Pada masa kehamilan muda akan terjadi berbagai macam perubahan pada tubuh yang akan membuat Bunda menjadi lebih sensitif terhadap hal-hal tertentu. Terlebih lagi, pada trisemester ini merupakan tahapan yang sangat penting dalam tumbuh kembang janin ke tahap selanjutnya. Nah, agar semua berjalan baik, hendaknya mematuhi anjuran yang diberikan bidan.

Protokol Dan Hal-Hal Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Bunda perlu mengetahui ya jika selama trimester pertama kehamilan tubuh akan lebih rentan terhadap segala jenis makanan yang masuk dalam tubuh. Maka tak heran jika Ibu hamil mempunyai beberapa pantangan yang harus dihindari. Seperti apa, berikut akan kami sajikan hal-hal yang harus dihindari oleh Ibu hamil.

1. Makanan Yang Dimasak Setengah Matang

Makanan yang setengah matang akan menyebabkan timbul bakteri dan kuman yang berbahaya apabila masuk dalam tubuh. Jadi, saat memasak pastikanlah makanan benar-benar matang sempurna ya Bun.

2. Buah Nanas Dan Durian

Boleh saja sih mengonsumsi kedua jenis buah tersebut. Tapi jangan sampai kelebihan ya Bun. Karena kedua buah ini mengandung alkohol yang cukup tinggi dan bisa menyebabkan kontraksi bahkan keguguran.

3. Ikan Predator Yang Mengandung Banyak Merkuri

Sebenarnya baik sih mengonsumsi ikan selama masa kehamilan. Tapi, Bunda harus sangat berhati-hati dalam memilih ikan dan harus membatasi konsumsi ikan yang mengandung merkuri.

4. Minuman Bersoda Dan Minuman Yang Mengandung Kafein

Kopi, teh dan minuman bersoda sangat tidak dianjurkan pada masa kehamilan. Selain itu, produk sisi dipasteruriasi juga tidak bagus karena berpotensi mengandung bakteri. Bila perlu, Bunda harus stop sementara konsumsi minuman bersoda dan minuman berkafein selama kehamilan ya.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

5. Mengonsumsi Obat Tidak Dengan Resep Dokter

Pada saat kehamilan muda tubuh tidak hanya rentan terhadap makanan tapi juga obat-obatan. Tidak sembarangan obat yang bisa Bunda minum selama kehamilan loh dan harus dengan resep dokter.

6. Rokok Dan Minuman Beralkohol

Pada dasarnya bukan rahasia umum lagi jika rokok dan juga minuman yang mengandung alkohol  tidak baik untuk kesehatan. Tidak terkecuali para ibu hamil. Jadi minuman ini bisa meningkatkan resiko kecacatan pada bayi dan juga keguguran.

Alkohol dan rokok juga bisa menyebabkan  bayi bisa mengalami FetalAlcoholSyndrome atau sering disebut dengan FAS. FAS adalah sebuah sindrom yang muncul dengan ditandai oleh adanya kelainan baik pada mental atau fisik bayi. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada otak dan juga menghambat pertumbuhan pada janin selama masa kehamilan.

Sedangkan kandungan nikotin dan juga zat berbahaya lainnya yang ada pada rokok bisa meningkatkan kelahiran bayi premature, keguguran, dan juga gangguan perkembangan serta pertumbuhan pada bayi. Selain itu, juga akan menyebabkan komplikasi pada ibu hamil. Oleh karena itu, dilarang keras untuk mengonsumsinya.

7. Melakukan Olahraga Dan Aktivitas Yang Terlalu Berat

Secara umum, Ibu hamil  bisa kok tetap berolahraga seperti biasanya. Namun, yang perlu diingat tidak boleh melakukan aktivitas dan olahraga yang terlalu berat. Olahraga yang terlalu berat akan membuat Bunda mengalami kelelahan dan juga akan memberikan tekanan serta kontraksi berlebihan pada rahim.

Bunda tetap bisa berolahraga kok selama hamil. Tapi, Bunda harus melakukan Olahraga yang sekiranya aman dan ringan. Bunda bisa melakukan olahraga khusus untuk ibu hamil. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter ya.

8. Diet Yang Terlalu Ketat

Selama masa kehamilan, tentu saja Bunda akan mengalami kenaikan berat badan. Tapi itu hal yang wajar kok. Seorang Ibu hamil sangat disarankan untuk menaikan berat badan sebesar 11-18 kg . Oleh karena itu, diet ketat merupakan hal-hal yang harus dihindari oleh ibu hamil.

Perlu Bunda tahu ya, jika selama kehamilan kebutuhan nutrisi akan semakin meningkat yang Mana digunakan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin. Nah, saat Bunda diet akan menghalangi pemenuhan nutrisi dan hasilnya risiko cacat pada bayi akan semakin tinggi.

Nah, itu tadi hal-hal yang harus dihindari oleh ibu hamil. Semoga artikel di atas bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda seputar pantangan yang harus dipatuhi selama masa kehamilan. Yuk lakukan semuanya. Supaya ibu dan calon buah hati tetap sehat.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan