Makanan yang Baik Untuk Pertumbuhan

Makanan yang Baik Untuk Pertumbuhan

Di dunia ini banyak sekali makanan yang bisa kita konsumsi. Dari teksturnya yang lembut hingga keras, dari yang asin hingga pedas, dari yang banyak manfaat hingga efek samping yang ditimbulkan. Kita bisa dengan bebas memilih makanan apa saja sesuai yang kita butuhkan dan inginkan. Pada dasarnya segala sesuatu diciptakan dengan fungsi, tujuan, dan manfaatnya masing-masing, tak terkecuali makanan. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah makanan yang baik untuk pertumbuhan.

Masa-masa pertumbuhan sangat penting, inilah masa di mana kita menjadi lebih kuat, tinggi, dan berkembang. Agar tidak gagal dalam masa perkembangan, kita juga perlu melakukan berbagai upaya seperti olah raga, minum susu, dan makan-makanan yang mengandung banyak kalsium.

Ini Beberapa Jenis Makanan yang Baik untuk Pertumbuhan

Lalu, apa saja sih jenis makanan yang baik bagi pertumbuhan tubuh kita? Simak ulasan berikut:

1. Susu

Rasanya, susu sudah sangat melekat pada diri kita sebagai hal yang baik untuk pertumbuhan. Kandungan kalsium di dalamnya sangat bagus untuk kesehatan tulang dan gigi. Sebelum memilih produk susu alangkah baiknya kita membaca terlebih dahulu kandungan kalsium dan bahan lainnya pada kemasan susu. Pilihlah susu sesuai kebutuhan, semisal untuk ibu hamil, remaja, dan anak-anak sesuai usianya. Selain sesuai kebutuhan, baiknya pilihlah susu sesuai rasa yang disukai, hal ini bisa menjadikan kita lebih sering dan tidak malas saat meminumnya.

2. Produk olahan susu

Selain dalam bentuk susu secara langsung, produk olahan susu juga bagus manfaatnya bagi tubuh. Mulai dari asin dan lezatnya keju, segarnya yoghurt, hingga manisnya permen dapat menjadi pilihan yang menarik saat kita bosan karena harus minum susu.

3. Sayuran hijau

Selain banyak mengandung vitamin dan jutaan manfaat, sayur hijau juga sedikit banyak mengandung kalsium yang bagus untuk pertumbuhan. Kita bisa membelinya dengan harga yang terjangkau, hingga bisa menanamnya sendiri. Sayuran hijau sangat dianjurkan bagi kita dari usia balita hingga tua karena khasiatnya yang berlimpah. Sayuran hijau sangat bagus untuk pertumbuhan.

4. Telur

Telur merupakan jenis bahan makanan yang bagus untuk pertumbuhan. Selain itu, telur sangat mudah didapat walaupun di warung-warung kecil sekalipun. Kandungan proteinnya yang tinggi dan harganya yang terjangkau menjadikan telur sebagai pilihan yang baik.

5. Buah-buahan

Selain rasanya yang manis dan segar, buah-buahan menjadi sarana yang bagus untuk mengganti camilan instan. Kekayaannya akan vitamin berpengaruh pada besarnya manfaat yang kita terima. Hal ini menjadikan buah-buahan sebagai makanan yang bagus pada masa pertumbuhan.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan jenis bahan makanan yang kaya akan serat. Selain itu, kacang-kacangan juga merupakan sumber protein yang baik. Dengan memakan kacang-kacangan kita dapat menjadikan kita cepat kenyang dan menurunkan risiko kanker. Jenis kacang-kacangan yang memiliki gizi yang tinggi sangat banyak, di antaranya adalah kacang mete, kacang tanah, kacang kedelai, kacang pinus, dan kacang Almond.

7. Ikan salmon

Salmon merupakan jenis ikan yang bernutrisi tinggi. Selain rasanya yang lezat, salmon memiliki sumber protein dan kandungan omega yang pada salmon menjadikannya jenis ikan yang banyak diminati. Salmon dapat menurunkan risiko penyakit jantung, mencerdaskan otak, menjaga kesehatan tulang dan sendi juga bagus untuk kesehatan mata.

8. Oats

Oats merupakan serelia yang sedikit banyak dikonsumsi oleh penduduk bumi. Konon katanya, oats lebih kaya akan manfaat dibandingkan dengan gandum. Oats sangat bagus dalam proses diet, menjaga kesehatan jantung, menetralkan gula darah, dan bagus untuk pencernaan.

9. Biji-bijian

Biji-bijian sangat banyak jenisnya. Pada umumnya kita cukup mengenal biji wijen, biji bunga matahari, dan biji labu untuk kebutuhan konsumsi. Selain rasanya yang unik, biji-bijian memiliki berbagai macam kandungan di dalamnya yang bagus untuk kebutuhan nutrisi pada tubuh. Biji-bijian memiliki manfaat seperti menetralkan racun, menyehatkan organ hati, mengontrol kolesterol, dan mencegah osteoporosis.

Demikian ulasan tentang jenismakanan yang baik untuk pertumbuhan. Bagaimana pun juga menjaga makanan itu perlu. Tubuh kita membutuhkan nutrisi untuk tubuh yang sehat dan berenergi. Oleh sebab itu, kita tidak boleh memandang sebelah mata dan mengabaikan hal ini. Terima kasih.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan