Makanan Mengandung Kalsium

Makanan Mengandung Kalsium

Dari jaman sekolah dasar, mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata kalsium. Kalsium sendiri sudah banyak dipelajari pada masa-masa ini. Mulai dari manfaatnya, hingga apa saja makanan yang mengandung kalsium. Sejauh ini kita hanya mengetahui jika kalsium hanya terdapat pada susu. Memang tidak salah, bahkan kita juga diajarkan patokan ini sejak kecil. Memang, selain susu apa saja sih makanan mengandung kalsium lainnya?

Beberapa Makanan Mengandung Kalsium Yang Harus Kalian Ketahui

1. Ikan Sarden

Siapa yang masih dengan jenis ikan ini? Gizi yang dikandung dalam ikan ini sangat banyak dan bermanfaat. Olahan produk kalengnya pun sangat lezat disantap. Selain itu, produk ikan ini mudah didapatkan di pasar-pasar swalayan maupun toko sembako. Namun, alangkah baiknya mengonsumsi ikan ini dalam keadaan segar dan dimasak sendiri di rumah. Bagaimana pun juga kita tidak bisa menjamin kebersihan dan kesehatan ketika menyantap produk ini. Usahakan untuk tidak membuang tulang lunak pada ikan sarden, dikarenakan kandungan kalsium di dalamnya.

2. Ikan Salmon

Mengonsumsi ikan salmon sangat baik untuk tubuh. Selain kandungan kalsium di dalamnya, salmon juga memiliki kandungan omega yang bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker. Ikan salmon juga baik untuk memelihara kesehatan otot dan mengontrol tekanan darah.

3. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini memang terkenal kaya akan manfaatnya. Kita bisa menyantapnya langsung sebagai lalapan maupun memasaknya sebagai bahan pelengkap seperti sop, capcai, tumis brokoli, ataupun bisa dibuat jus yang menyegarkan.

4. Bayam

Bayam sangat melekat kaitannya dengan zat besi. Namun, siapa sangka jika bayam juga mengandung kalsium di dalamnya? Sayuran hijau yang satu ini banyak menjadi andalan ibu rumah tangga untuk menu sehari-hari. Selain harganya yang terjangkau, bayam juga sayuran yang mudah di masak. Biasanya sayur bayam banyak dipadukan dengan jagung, wortel, gambas, bahkan labu kuning.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

5. Tahu

Olahan berbahan dasar kedelai ini sudah tak asing dan sangat bersahabat dengan kita semua.  Tahu bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Mulai dari yang digoreng, dijadikan sayur, maupun pelengkap seperti pada siomay. Harganya yang pas dikantong menjadikan tahu banyak dipilih untuk dijadikan lauk.

6. Biji Wijen

Siapa sangka jika biji wijen merupakan makanan mengandung kalsium selanjutnya? Biji wijen banyak sekali kita temui sebagai taburan di atas kue maupun roti. Bentuknya yang kecil berbanding terbalik pada manfaatnya yang cukup besar. Biji wijen sangat akrab untuk ukuran lidah orang Indonesia. Rasanya yang khas membuatnya digemari beberapa orang.

7. Keju

Keju merupakan olahan susu yang sangat terkenal di dunia. Mulai dari kue, makanan ringan, hingga topping makanan berat seperti pizza menggunakan bahan jenis ini. Rasanya yang sedikit asin menjadikan keju favorit untuk beberapa orang. Jenis keju pun tak hanya satu, ada keju mozarella, cheddar, dan permesan. Keju cukup mudah di dapatkan di Indonesia. Merek-merek terkenal juga banyak sekali bermunculan. Keju juga menjadi rasa yang banyak terdapat pada makanan ringan seperti wafer, hingga camilan ringan lainnya.

8. Yoghurt

Selain keju, yoghurt merupakan olahan susu yang mengandung banyak kalsiumlainnya. Seiring berkembangnya waktu, yoghurt memiliki banyak varian rasa, seperti stroberi, blueberry, anggur, dan varian buah lainnya.

9. Susu

Sudah bukan rahasia umum jika susu memiliki kandungan kalsium, bahkan susu masuk dalam kategori empat sehat lima sempurna. Banyak sekali jenis susu yang bisa kita temui, mulai dari UHT, kental manis, hingga bubuk. Semuanya memiliki manfaat yang sama bagusnya. Kita bisa mendapatkan sumber susu dari sapi, kambing, maupun kedelai. Namun, ada juga susu yang dikonsumsi berasal dari kuda.

Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang, gigi, hingga pertumbuhan. Banyak sekali sumber kalsium dari hewan maupun tumbuhan yang mudah didapatkan. Hal ini menjadi hal yang wajib kita syukuri. Dengan mengonsumsi kalsium yang cukup, kita bisa terhindar dari osteoporosis. Selain itu, kalsium juga dapat meringankan risiko kanker hingga penyakit jantung. Diharapkan artikel ini membawa sedikit pengetahuan dan manfaat bagi pembacanya, dan diharapkan pembaca mengetahui makanan mengandung kalsium lainnya selain susu. Terima kasih.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan