Fungsi Kalsium Tanpa Sadar Dibutuhkan

Fungsi Kalsium Tanpa Sadar Dibutuhkan

Apakah kamu mengetahui fungsi kalsium? Kebanyakan orang menganggap kalsium identik dengan susu. Benar sih, tapi apakah itu saja? Enggak loh, disini kamu bisa melihat fungsi kalsium itu sangat banyak yang bisa kamu ketahui. Kepo? Sudah tidak sabar? Baiklah, lanjutkan kembali artikel terupdate ini ya!

Berikut ini sepuluh fungsi kalsium yang belum kamu ketahui:

1. Pembekuan darah

Fungsi pertama, pembekuan darah. Fungsi ini mempunyai tiga belas koagulasi dan satu-satunya kalsium memilikinya yang sama sehingga pembekuan darah terjadi. Penyakit untuk ini defisiensi kalsium yang mengakibatkan proses pembekuan darah semakin lambat atau terganggu.

2. Membantu tumbuhnya gigi dan tulang

Kalsium adalah komponen utam dalam pembentukan tulang dan gigi lalu dibutuhkan untuk memelihara agar bekerja sesuai fungsinya. Jangan heran saja kalau ada teman-teman kamu atau orang lain mengonsumsi untuk kebutuhan, kurang kalsium dan ingin tinggi.

3. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Rupanya risiko penyakit jantung ini diakibatkan kurangnya kalsium. Meskipun ada kontradiksi alasan tersebut. Ada yang membenarkan karena bisa membantu kontraksi otot jantung dan yang menyalahkan karena suplemen tersebut terlalu tinggi. Dosis asupan kalsium sesuai takaran yang sudah diresepkan oleh dokter (tidak berlebih atau kurang).

4. Menurunkan risiko obesitas

Sebagian orang menganggap ini sepele. Padahal, ini salah satu fungsi dari kalsium bisa mencegah penyakit kronis akibat obesitas. jika kalsiumnya tinggi terdapat beberapa produk susu menjadikan jadwal ruti kamu setiap harinya.

5. Menurunkan risiko hipertensi

Walaupun fungsi kalsium ini tidak semuanya berefek kepada semua orang diakibatkan bekerja oleh orang yang memiliki asupan kalsium sedikit plus peka garam. Tapi, tidak sampai berhenti begitu saja. Kalsium ini juga membantu menurunnya tekanan darah tinggi selama kehamilan.

6. Membantu kerja enzim

Enzim ini yang kamu ketahui sangat membutuhkan kofaktor. Kofaktor yang cocok adalah kalsium. Enzim di dalam tubuh tidak akan berjalan ketika kalsium yang dibutuhkan tidak ada.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

7. Pencegahan kanker

Asupan kalsium secara rutin akan mendapatkan turunnya risiko kanker termasuk kanker usus besar loh! Meskipun terduganya perbedaan kadar vitamin D setiap orang sangat berbeda-beda. Perlu kamu tahu bahwa vitamin D mempunyai peran dalam penyerapan kalsium sehingga efeknya pun tergantung berbeda pula.

8. Mengatasi gejala PMS

Tau PMS? Yup, kalsium bisa mengatasinya. Kok bisa? Ya, gejala PMS kemunculannya akibat nyeri perut, perut kembung, nyeri pada payudara, nyeri tulang dan sendi dan masih banyak lagi dan rendahnya kadar dalam kalsium dan vitamin D dalam tubuhmu lalu kamu konsumsi kalsium dan vitamin D. Disarankan kamu mengonsumsi  1000 mg kalsium dan 1000-2000 IU vitaminn D. Tapi, ditanyakan terlebih dahulu kepada dokter.

9. Kontraksi otot

Peranan kalsium dalam proses kontraksi otot  dan detakan otot jantung. Lalu dilepaskan ketika saraf merangsang ke otot dan kalsium ini membantu protein agar kontraksi otot terjadi. Kemudian, otot kembali refleks.

10. Mengirim dan menerima sinyal saraf

Fungsi kalsium lainnya yaitu membantu saraf sebagai pembawa saraf antara otak dengan bagian tubuh. Penyakit hipokalsemia akan terjadi kekurangan kalsium dam sering berisiko kejang sangat tinggi.

Terdapat sepuluh fungsi kalsium diatas yang aku tulis membawakan info menarik bagi para pembaca yang belum mengetahui bahwa fungsi dari kalsium sangat mempengaruhi kehidupan kamu. Jadi, jangan diremehkan begitu saja sebelum mencobanya. Ketika kamu mencobanya, kamu mendapatkan setidaknya fungsi tersebut. Asupan kalsium sangatlah berbeda-beda. Disini aku membuat tabel agar memudahkan kamu asupan kalsium harian.

Tabel Asupan Kalsium

UmurAsupan Kalsium Harian
1-3 tahun700 mg
4-8 tahun1000 mg
9-18 tahun1300 mg
19-50 tahun1000 mg
Pria 51-70 tahun1000 mg
Wanita 51-70 tahun1200 mg
71 tahun ke atas1200 mg
Ibu hamil dan menyusui usia 14-18 tahun1300 mg
Ibu hamil dan menyusui usia 19-50 tahun1000 mg

Demikian artikel yang aku tulis menjadikan para pembaca memahaminya dan bisa membagikan info ini kepada orang lain  yang belum mengetahuinya pula. See you next my article!

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan