Cara Menjaga Kehamilan Muda Satu Bulan

Cara Menjaga Kehamilan Muda Satu Bulan

Meta deskripsi: Tips menjaga kehamilan memang wajib diterapkan, terlebih lagi pada usia kandungan yang masih muda. Di antaranya seperti menghindari asap rokok, menjaganya dari guncangan, menghindari stres, memperhatikan nutrisi, membatasi aktivitas berat, pemeriksaan rutin, dan olah raga.

Hamil muda satu bulan adalah masa yang sangat berarti bagi calon ibu. Sensasi mual, pusing, stres menjadi sesuatu yang harus mereka nikmati. Demi kesehatan calon bayi, berbagai upaya dilakukan untuk menjaga kehamilan muda satu bulan.

Sebagian besar perempuan, pasti menginginkan kehadiran seorang anak untuk melengkapi kehidupannya setelah menikah. Mereka selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Tugasnya yang tidak main-main, menjadikan ibu sebagai sosok spesial yang harus dihormati.

Kiat Menjaga Kehamilan Muda Satu Bulan Yang Patut Diperhatikan

Menjaga kehamilan sangat penting, hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan calon bayi secara fisik maupun mental. Dengan menjaganya, kita dapat memaksimalkan pertumbuhannya, melindungi dari keguguran, dan mengurangi risiko kurang sempurna.

Banyak sekali cara yang dapat diupayakan untuk menjaga kandungan usia muda. Selain dari beberapa nasehat dari orang yang sudah berpengalaman, kita juga dapat mencarinya dari berbagai sumber informasi. Berikut ulasan tips menjaga kehamilan muda :

1. Menghindari Asap Rokok

Asap rokok adalah hal yang harus kita hindari keberadaannya. Kandungan nikotin dan zat berbahaya lainnya sangat buruk untuk kesehatan. Tidak hanya pada perempuan hamil, asap rokok berbahaya bagi kita semua.

2. Menjaganya Dari Gangguan

Bagi calon ibu, menjaga dari guncangan adalah hal yang patut diterapkan. Terlalu banyak maupun keras guncangan, akan sangat berbahaya bagi janin. Hal ini dikhawatirkan menjadi sebab keguguran bagi janin yang masih muda.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

3. Menghindari Stres

Menghindari stres menjadi salah satu upaya menjaga kehamilan muda satu bulan berikutnya. Hal ini dikarenakan, ketika stres manusia akan mengeluarkan hormon kortikoliberin yang dapat memicu keguguran.

4. Memperhatikan Nutrisi

Selama masa kehamilan, kebutuhan nutrisi patut menjadi momok yang perlu diperhatikan. Selain bagus untuk janin, nutrisi juga harus dipenuhi untuk calon ibu untuk mempermudah persalinan.

Kebutuhan nutrisi dapat kita dapatkan melalui sayur, buah, ikan, dan makanan bergizi lainnya. Selain itu, diharapkan calon ibu tidak banyak mengonsumsi makanan yang mengandung pengawet maupun zat berbahaya.

5. Membatasi Aktivitas Berat

Kehamilan muda memanglah sangat rentan. Janin masih sangat lemah dan memerlukan penjagaan ekstra. Itu sebabnya, diharapkan calon ibu mengurangi aktivitas yang berat seperti kegiatan angkat junjung maupun kegiatan rumah tangga yang melelahkan.

Dalam hal ini, calon ayah diharapkan ikut andil untuk bekerja sama. Calon ayah dapat menggantikan tugas rumah tangga yang berat untuk sementara waktu. Hal ini dilakukan demi keselamatan janin yang masih sangat lemah.

6. Melakukan Pemeriksaan Rutin

Ketika hamil, alangkah baiknya calon orang tua melakukan pemeriksaan secara rutin. Dengan pemeriksaan rutin, kita dapat mengetahui perkembangan janin, konsultasi ringan, dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan pemeriksaan rutin, calon orang tua dapat mengetahui lebih dini jika ada yang salah dengan janinnya. Hal ini merupakan cara menjaga janin untuk mengurangi risiko yang ada karena penanganannya yang cepat.

7. Olah Raga

Olah raga menjadi alternatif jitu untuk menjaga janin usia muda. Namun perlu diingat, jangan sesekali melakukan olah raga berat yang dapat membahayakan janin. Calon ibu dapat menerapkan olah raga yoga maupun renang.

Selain bagus untuk kesehatan, olah raga juga bagus untuk mengendalikan stres. Dengan olah raga, tubuh menjadi lebih bugar, otot menjadi rileks, dan mampu berpikir lebih positif dari biasanya.

Di atas adalah beberapa tips menjaga kehamilan muda satu bulan pertama. Sedikit merepotkan, namun sebanding dengan kesehatan dan keselamatan janin maupun calon ibu. Selain tips-tips di atas, dukungan keluarga dan orang terdekat juga penting.

Dengan adanya artikel ini, diharapkan calon ibu lebih menjaga lagi masa kehamilannya. Lebih paham pentingnya menjaga kehamilan untuk ibu dan janin, dan lebih mengerti cara menjalani masa kehamilan dengan maksimal. Selamat mempraktikkan, cukup sekian dan terima kasih.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan