Bagaimana Cara Menjaga Kandungan Tujuh Bulan?

Bagaimana Cara Menjaga Kandungan Tujuh Bulan?

Ada banyak sekali cara menjaga kandungan tujuh bulan yang bisa dilakukan seperti konsultasi lebih sering, melakukan senam hamil, lebih berhati-hati, menjaga nutrisi, istirahat yang cukup, hindari bepergian jauh, dan hindari lingkungan berbahaya.

Setiap calon orang tua memiliki kewajiban melindungi janinnya dengan baik. Ketika memasuki bulan ke tujuh, calon orang tua dituntut siaga kapanpun dan dimanapun. Calon orang tua harus tahu cara menjaga kandungan tujuh bulan dengan tepat.

Usia kandungan tujuh bulan memang memerlukan perhatian ekstra. Ukuran dan keaktifan janin yang semakin bertambah, mengharuskan calon ibu untuk sabar. Pada masa ini, dukungan dari orang terdekat sangat penting.

Apa Tujuan Menjaga Kandungan & Bagaimana Caranya?

Menjaga kandungan usia tujuh bulan memang merepotkan dan melelahkan. Diperlukan kesabaran dalam menjalaninya. Hal ini bertujuan untuk menekan risiko keguguran maupun kelahiran prematur. Selain itu, juga dapat memaksimalkan kesehatan dan pertumbuhan janin.

Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kandungan usia tujuh bulan. Mulai dari yang sederhana hingga yang lumayan mengeluarkan dana lebih. Namun, itu semua sebanding dengan keselamatan janin dan juga calon ibu. Berikut ulasannya:

1. Konsultasi Lebih Sering

Pada usia ini, calon orang tua diharapkan lebih rutin memeriksakan kandungannya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan dan kesehatan janin. Calon orang tua dituntut aktif berkonsultasi perihal janin mereka.

Dengan seringnya berkonsultasi, kita dapat menekan risiko kekurangan pada janin. Kita dapat lebih dini mengetahui jika ada yang salah pada janin dan sesegera mungkin melakukan tindakan yang diperlukan.

2. Melakukan Senam Hamil

Senam hamil memang memiliki banyak sekali manfaat diantaranya adalah mengurangi stres dan membuat pikiran menjadi lebih rileks, memudahkan proses persalinan, menjaga calon ibu dan janin agar tetap sehat dan bugar.

3. Lebih Berhati-Hati

Lebih berhati-hati merupakan cara menjaga kandungan yang paling sederhana. Walaupun sederhana, nyatanya hati-hati adalah hal yang sulit dilakukan. Banyak sekali calon ibu yang kurang memperhatikan hal ini.

Tak hanya hati-hati dalam melangkah maupun naik turun tangga. Calon ibu juga dituntut berhati-hati dalam berbagai hal seperti memilih makanan maupun minuman, memilih produk kecantikan, maupun berbuat dan bertutur kata.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

4. Menjaga Nutrisi

Berapapun usia kandungan Anda, menjaga nutrisi menjadi hal yang harus diperhatikan. Sudah bukan rahasia, jika kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, serat, dan kalsium sangat penting bagi ibu hamil. Itu sebabnya calon ibu harus pandai memilah dan memilih makanan.

Bukan hanya diharuskan makan makanan bergizi, calon ibu juga ditekankan untuk tidak terlalu sering makan makanan instan. Hal ini dikarenakan, kandungan pengawet, pewarna, hingga zat kimia dapat membahayakan kesehatan janin.

5. Istirahat Yang Cukup

Bertambahnya usia janin, menjadikan calon ibu banyak mengalami insomnia. Perut yang semakin membesar, menjadikan calon ibu sulit mendapatkan posisi yang nyaman. Di sarankan untuk mengambil posisi miring ke kanan agar peredaran darah menjadi lancar.

6. Hindari Bepergian Jauh

Pada usia kandungan tujuh bulan, disarankan untuk tidak bepergian jauh. Selain menyebabkan kelelahan, guncangan saat berkendara juga cukup berbahaya bagi janin. Meskipun janin sudah cukup kuat, ditakutkan janin akan lahir sebelum waktunya atau premature.

7. Hindari Lingkungan Berbahaya

Sebagai calon ibu, kita juga harus memperhatikan lingkungan yang kita pijak. Sebaiknya hindari tempat berpolusi, beradiasi, maupun yang terdapat banyak zat kimia. Selain itu, hindari juga pijakan yang licin, menanjak maupun menurun.

Di atas adalah beberapa ulasan cara menjaga kandungan tujuh bulan. Dengan adanya referensi ini, diharapkan calon ibu tak lagi bingung untuk menjaga janinnya. Lalu, calon ibu juga diharapkan untuk menjadi lebih peduli lagi akan kesehatan dan keselamatan janinnya.

Sejujurnya masih banyak yang dapat dilakukan untuk menjaga kehamilan. Selain nasihat dari orang yang sudah berpengalaman, referensi internet maupun buku bacaan juga penting dicermati dan dilakukan.

Demi kebaikan, tak ada salahnya memperbanyak ilmu kehamilan dan menjadi sedikit waspada. Apalagi, semakin dekat waktu kehamilan, sebaiknya Anda juga semakin sering berkonsultasi kepada bidan ataupun dokter professional agar kondisi bayi selalu sehat hingga saat dilahirkan nanti.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan