Asupan Gizi yang Baik Bagi Ibu Menyusui

Asupan Gizi yang Baik Bagi Ibu Menyusui

Biasanya seorang ibu yang sedang menyusui memerlukan asupan gizi yang baik bagi anaknya. Hal tersebut menjadi wajib karena segala sesuatu yang dimakan oleh sang ibu pastinya akan ikut dirasakan oleh sang anak.

Maka dari itu perlu untuk ibu ketahui mengenai hal ini, agar kesehatan ibu maupun sang bayi sama-sama sehat. Berikut ini adalah asupan gizi yang baik bagi sang ibu yang perlu untuk di konsumsi saat sedang menyusui, yaitu :

1. Sayuran

Mengapa sayuran menjadi penting untuk sang ibu? Karena sayuran dipercaya dapat memperlancar asi tanpa harus meminum obat atau minuman pelancar asi. Sayuran terbuat dari bahan alami sehingga sangat aman untuk bayi. Tidak hanya itu bahkan sayuran tidak mengandung bahan pengawet.

2. Air Mineral

Mengkonsumsi air mineral juga sangat penting bagi ibu menyusui. Hampir sebagian dari ibu menyusui terkadang lupa akan hal ini. Padahal air mineral sangatlah penting bagi sang ibu untuk mencegah sang ibu kekurangan cairan.

3. Buah-buahan

Ibu menyusui diwajibkan untuk memakan buah minimal satu buah per harinya. Agar sang ibu dan bayi mendapatkan banyak asupan vitamin. Di dalam buah-buahan banyak sekali vitamin salah satunya adalah vitamin c.

4. Ikan-ikanan

Dalam hal ini ikan juga menjadi hal pokok untuk dikonsumsi para ibu menyusui. Di luar negeri mengkonsumsi ikan menjadi hal wajib untuk mereka. Hal ini karena ikan dapat membuat otak anak menjadi cerdas dan tulang mereka menjadi kuat.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

5. Minum Susu

Ada beberapa ibu yang beranggapan bahwa meminum susu adalah suatu hal yang tidak wajib. Padahal minum susu juga termasuk hal penting untuk ibu konsumsi. Selain dapat menyehatkan susu juga dapat membuat tumbuh kembang bayi menjadi lengkap.

6. Mengkonsumsi Daging

Daging disini adalah bukan ayam melainkan sapi yang tidak ada lemaknya. Daging juga banyak mengandung manfaat untuk ibu menyusui dan bayi. Terdapat vitamin juga di dalam olahan daging tersebut.

Masih banyak lagi tentunya makanan yang perlu untuk dikonsumsi untuk ibu menyusui agar bayinya mendapatkan asupan makanan yang baik dan sehat. Ada beberapa ibu yang terkadang melupakan asupan makanan yang dimakan oleh sang anak. Sehingga membuat sang anak terkadang buang-buang air ( mencret ).

Sebagai seorang ibu tentunya ingin anak kita menjadi anak sehat dan tumbuh kembangnya baik seperti anak lainnya. Hal itu harus dimulai dari seorang ibu terlebih dulu dalam memilih makanan yang akan dia konsumsi. Ada ibu yang egois terkadang tidak memikirkan kesehatan sang anak.

Maka dari itu sebagai ibu yang sudah mengetahui   makanan yang dapat membuat tubuh sehat, wajib untuk memberitahu kepada ibu lainnya dengan cara mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Anak yang sehat dimulai dari ibu yang sehat dan rajin mengkonsumsi makanan yang sehat pula.

Gizi untuk seorang anak apalagi bayi sangatlah penting untuk tumbuh kembang mereka. Jika gizi mereka kurang maka, tumbuh kembang mereka pun akan lambat dari anak lainnya. Tentunya hal tersebut tidak diinginkan karena itu akan menjadi perbincangan di masyarakat dimana sang ibu tidak bisa memberikan gizi yang baik untuk anaknya.

Selain hal diatas tentunya sang ibu juga harus bahagia agar bisa memproduksi asi yang baik untuk sang anak. Jika sang ibu mengalami setres atau depresi hal tersebut juga akan dirasakan oleh sang anak. Maka hal ini juga sangat perlu untuk ibu perhatikan.

Banyak orang yang anaknya kekurangan gizi akan terlihat sangat jelas perbedaannya dengan anak lainnya. Ada beberapa ibu yang lebih memilih untuk mengkonsumsi obat dan lain sebagainya. Tentunya hal tersebut tidak dilarang namun akan lebih baik jika kita mengkonsumsi makanan yang alami.

Di negara lain terkadang kita melihat anak kecil tetapi otak dan kemampuannya sudah melebihi orang dewasa. Hal ini karena asupan makanan yang ibunya konsumsi. Mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan yang alami dari pada yang mengandung pengawet atau bahan lainnya.

Banyak ibu menyusui mengeluhkan bahwa air asi mereka tidak lancar. Hal ini sering terjadi apalagi ketika setelah proses persalinan. Biasanya ibu diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki asupan gizi yang baik.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan