8 Manfaat Olahraga Untuk Anak-Anak

8 Manfaat Olahraga Untuk Anak-Anak

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat menyehatkan tubuh. Tidak hanya dianjurkan untuk orang dewasa saja, namun juga perlu dilakukan pada anak-anak. Manfaat olahraga untuk anak-anak tidak hanya terletak pada kesehatan saja, namun juga pada segi mentalnya.

Sudah menjadi hal umum dikalangan orang tua, kalau kebanyakan anak-anak tidak pandai dalam mendengarkan orang yang tua, namun mereka tidak pernah gagal dalam meniru mereka. Kata-kata tersebut memberikan pengertian singkat, bahwa anak-anak akan meniru kebiasaan orangtuanya.

Dalam situasi ini, mengajarkan anak-anak untuk aktif melakukan olahraga, akan memberikan keuntungan di kemudian hari. Lalu apa saja yang didapat? Berikut 8 Manfaat olahraga untuk anak-anak jika diterapkan sejak dini.

1. Meningkatkan Kecerdasan Pada Anak

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan dari MSU (Michigan State University) anak yang mempunyai kegemaran olahraga memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi dibandingkan yang tidak suka berolahraga.

Mereka juga mengungkapkan jika olahraga bisa membantu di dalam mengajarkan anak untuk lebih bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas dan mengatur waktu dalam keseharian dengan lebih efektif.

2. Menjaga Berat Badan Tubuh

Sebuah penelitian yang dilakukan di CFDC (Center For Diseases Control) menyatakan  bahwa salah satu permasalahan yang banyak dialami oleh anak-anak adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Itu merupakan suatu kondisi dimana tubuh mengalami kelebihan berat badan.

Masalah obesitas ini apabila dibiarkan terlalu lama bisa menimbulkan berbagai macam penyakit di kemudian hari. Salah satu cara untuk mencegah semuanya dengan berolahraga secara rutin. Aktivitas fisik yang dilakukan dapat membantu dalam membakar kalori di dalam tubuh dan bisa mencegah obesitas.

3. Anak Menjadi Lebih Sportif

Manfaat olahraga untuk anak-anak  selanjutnya adalah membantu anak menjadi lebih sportif dalam segala hal. Mereka secara otomatis lebih bisa menghargai kalah dan menang ketika sedang dalam suatu kompetisi.

Mereka dapat menjabat tangan lawannya dan tidak peduli apa pun itu hasilnya dalam sebuah kompetisi. Ketika sudah dewasa nantinya, sikap ini akan terbawa dengan sendirinya dan membuatnya lebih bisa menghargai keputusan guna melakukan yang terbaik.

4. Olahraga Menjadi Sarana Sosialisasi

Olahraga bisa dijadikan sebagai sebuah jaringan sosial instan untuk anak-anak. Bagi anak-anak yang cenderung mempunyai sifat tertutup atau minder, Olahraga bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk bisa meningkatkan rasa percaya diri dan menambah pergaulan mereka.

Tim olahraga biasanya akan menawarkan sebuah persahabatan dan kekompakan di antara anggotanya dan hal tersebut bisa membantunya dalam berkomunikasi dan bersosialisasi.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

5. Membangun Rasa Percaya Diri Pada Anak

Manfaat olahraga berikutnya untuk anak-anak adalah, bisa meningkatkan rasa percaya diri pada anak, apalagi bila si anak bisa menghasilkan prestasi. Olahraga memberikan kesempatan pada anak untuk bisa lebih banyak belajar, berkreasi dan selalu berpikir terbuka mengenai diri sendiri.

Aktivitas ini dapat menumbuhkan citra diri yang sehat dan memberikan penilaian positif terhadap diri si anak dalam pengembangan keterampilannya.

6. Mengajarkan Tentang Kerjasama

Berbagai jenis aktivitas olahraga seperti sepak bola, voli dan basket, membutuhkan kerjasama antar tim yang harus terbina baik. Dengan melakukan salah satu olahraga itu, bisa membantu anak untuk bisa menumbuhkan sikap kerjasama kepada orang lain. Hal ini pastinya akan memberikan dampak yang besar pada kemudian hari.

7. Membantu Dalam Pemenuhan Target

Di dalam dunia olahraga pertandingan, target utama yang ingin diraih adalah bisa memenangkan sebuah kompetisi dan membawa pulang piala kejuaraan. Namun sebelum dapat meraihnya, para pemain harus dapat menguasai segala macam teknik permainan dan keterampilan.

Hal itu juga berlaku bagi anak-anak yang ingin mencapai suatu target dalam mendapatkan kemenangan. Berlatih sejak dini dan menekuni suatu cabang olahraga dengan tekun adalah suatu cara terbaik untuk proses pencapaian target.

8. Membantu Menemukan Bakat

Memberikan kebebasan bagi anak-anak dalam memilih olahraga yang disukainya sangatlah perlu. Jika sudah menemukan olahraga yang disukainya, dengan sendirinya anak-anak menjadi lebih aktif dalam menekuni olahraga tersebut.

Berbeda dengan anak-anak yang disuruh untuk melakukan suatu olahraga tertentu yang tidak disukainya. Dia akan cenderung ogah-ogahan dalam melakukan olah raga itu. Jadi selama hal itu positif, biarkan anak-anak memilih sendiri suatu cabang olahraga sebagai hobinya.

Kesimpulannya, ada banyak manfaat olahraga untuk anak-anak. Berbagai macam manfaat akan sangat berguna dalam kehidupan mereka nantinya. Selain itu, olahraga juga akan membentuk kepribadian anak menjadi lebih aktif.

Mungkin Anda bisa mengajak buah hati Anda untuk melakukan aktivitas olahraga secara sederhana misalnya jogging, renang, bersepeda dan sebagainya. Yuk, bentuk anak-anak Anda menjadi lebih baik dengan berolahraga.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan