7 Tips Perawatan Kulit Kombinasi Sehari-hari

7 Tips Perawatan Kulit Kombinasi Sehari-hari

Mengetahui tips perawatan kulit kombinasi merupakan bagian dari rasa syukur kepada Sang Pencipta karena merawat amanah yang dititipkan. Jenis kulit kombinasi adalah gabungan antara kulit kering dan berminyak.

Jika salah dalam perawatan atau memilih produk kecantikan tentu akan memperburuk kondisi kulit Anda. Tentu hal ini akan merugikan diri Anda sendiri, kondisi kulit yang kurang terawat bukan hanya membuat tampilan menjadi tidak menarik, tetapi dapat pula mengganggu kesehatan Anda.

7 Tips Perawatan Kulit Kombinasi Tetap Menawan

1. Lakukan Perawatan Sesuai Jenis Kulit

Jika daerah T-zone yaitu dahi, hidung, dagu Anda berminyak, tetapi bagian pipi kering. Tentunya cukup sulit untuk menemukan produk perawatan kulit yang cocok di mana produk itu bisa mengatasi dua masalah kulit sekaligus.

Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk merawat kulit kombinasi ini dengan memakai krim jerawat untuk area berjerawat dan pelembab untuk kulit yang kering. Banyak yang menjual produk untuk mengurangi minyak di daerah T-zone dan melempabkan pipi.

2. Cuci Muka Air Hangat

Ketika mencuci muka, disarankan untuk menggunakan air hangat alih-alih air dingin. Hal ini dikarenakan suhu hangat  dari air dapat membantu meluruhkan minyak berlebih di wajah sedikit-demi sedikit dan membuat kulit lebih rileks.

Terlebih, uap panas tersebut bisa membantu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Selain itu, dalam  mengeringkan wajah  usahakan tidak menggosok, tetapi diusahakan untuk menepuk-nepuknya.

3. Gunakan Toner

Jenis kulit kering dan berminyak, memiliki kadar PH yang berbeda, untuk itu sangat penting untuk menggunakan toner setelah mencuci muka. Menurut pakar kesehatan, toner memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan dan kelembapan jenis kulit kombinasi.

Namun, Anda juga harus jeli dalam memilih toner. Pastikan produk pilihan Anda tidak mengandung alkohol, supaya kulit kering Anda tidak semakin kering dan produksi minyak tidak  berlebihan. Hal ini akan menguntungkan Anda.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

4. Gunakan Tabir Surya Untuk Perlindungan Ganda

Tabir surya atau sunscreen adalah hal yang tidak boleh dilewatkan dalam perawatan. Terlebih jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Ini disebabkan  tabir surya memiliki manfaat untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari dan menjaga kelembapannya.

Pilihlah  produk tabir surya yang memiliki kandungan asam beta hidroksi dan bersifat non-comedogenik supaya tidak menyumbat pori-pori Anda. Sehingga kulit Anda tetap sehat dan tidak menimbulkan jerawat atau hal lain yang mengganggu kesehatan kulit Anda.

5. Jaga Pola Makan

Tips perawatan kulit kombinasi selanjutnya adalah dengan menjaga pola makan. Kenapa ini penting? Karena  Beberapa masalah kulit disebabkan oleh  faktor makanan. Jika ingin kulit Anda tampak sehat, usahakan untuk meminum  air putih sebanyak delapan gelas sehari.

Selain itu, penting untuk memenuhi asupan gizi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan antioksidan, serta lakukan olahraga secara teratur. Dengan menerapkan pola hidup sehat ini, kulit Anda akan semakin cerah dan menawan.

6. Gunakan Masker

Merawat kulit kombinasi pun bisa dengan melakukan masker wajah. Hal ini akan membuat kulit menjadi kencang dan bersinar. Pilihlah produk yang cocok dengan kebutuhan kulit Anda. Selain itu Anda juga bisa membuat masker sendiri dari bahan-bahan alami.

Dengan menggunakan masker  dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menyerap minyak berlebih. Penggunaan masker dapat dilakukan saat tidur. Namun, ada juga masker yang bisa digunakan sebelum tidur dan hanya memakainya selama 15 menit.

7. Gunakan Vitamin A

Tidak bisa dipungkiri, vitamin A yang merupakan salah satu antioksidan kuat yang membantu menangkal radikal bebas ini membuat kulit menjadi terlindungi. Supaya lebih mudah, carilah produk yang mengandung retinol atau tretionin,.

Dengan adanya vitamin A dalam produk kecantikan dapat membantu mencegah pengembangbiakan bakteri penyebab jerawat sehingga kulit Anda tetap mulus. Tidak hanya itu, vitamin A juga bermanfaat untuk membantu mempercepat proses pergantian sel kulit sehingga mencegah Anda dari penuaan dini.

Rawatlah kulit Anda selagi Anda masih bisa melakukannya. Tentunya tips perawatan kulit kombinasi ini hanya referensi saja. Jika Anda memiliki masalah kulit yang cukup serius, sebaiknya Anda mengonsultasikannya dengan dokter spesialis kulit supaya mendapat penanganan yang tepat.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − five =