7 Manfaat Buah Belimbing Bagi Pemeliharaan Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Buah Belimbing Bagi Pemeliharaan Kesehatan Tubuh

Ada banyak khasiat dan manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh yang jarang orang ketahui. Ya, meskipun tak setenar buah apel dan jeruk, nyatanya buah yang menyerupai bintang ini terbukti menyimpan kandungan gizi baik yang sangat diperlukan tubuh.

Buah dengan nama latin Averrhoa carambola atau biasa disebut starfruit ini, banyak sekali kita jumpai di pasar maupun di super market dengan harga yang terjangkau. Buah ini biasa dijadikan jus, salad buah maupun rujak. Walaupun diolah menjadi jenis santapan apapun, semua tak mempengaruhi khasiat yang terdapat pada buah yang satu ini.

Macam-macam Manfaat Buah Belimbing Bagi Tubuh

Di balik rasanya yang manis dan sedikit asam, buah belimbing menyimpan berbagai manfaat yang bagus untuk tubuh jika dikonsumsi secara teratur. Mau tahu apa saja manfaat yang terkandung di dalamnya? Berikut akan kami bedah 7 manfaat buah belimbing bagi pemeliharaan kesehatan tubuh.

1. Mencegah Penyakit Kanker

Buah belimbing memiliki kandungan flavonoid polifenol yang dipercaya bisa mencegah datangnya penyakit kanker. Nutrisi yang terdapat pada buah ini mampu membuang efek mutagenik yang biasa disebabkan oleh radikal bebas.

Jadi dengan mengonsumsinya secara teratur bisa mencegah timbulnya berbagai penyakit kronis. Selain itu buah ini juga kaya akan serat yang sangat diperlukan tubuh guna membersihkan racun di dalam usus besar.

2. Meningkatkan Kekebalan Imun Tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah ini sangat diperlukan tubuh untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh. Dibalik rasanya yang manis dan sedikit asam, satu buah belimbing mampu menghasilkan 50 persen vitamin C yang setara dengan satu buah jeruk.  

3. Mampu Melancarkan Pencernaan

Bagi Anda yang memiliki ganggungan masalah pencernaan dikarenakan gejala tertentu, sangat diisarankan untuk mengonsumsi buah belimbing. Sebab buah yang satu ini terkenal akan serat alaminya. Serat ini yang nantinya bekerja guna merangsang pergerakan sisa makanan di dalam perut sehingga dapat mudah dikeluarkan.

Ditambah lagi, serat yang terdapat pada buah belimbing dipercaya dapat memudahkan usus melakukan penyerapan nutrisi makanan, sehingga kesehatan usus pun ikut terjaga karenanya.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

4. Menyembuhkan Tukak Lambung

Memiliki riwayat penyakit lambung yang disebabkan oleh maag, tukak lambung ataupun GERD, memang sangat tidak mengenakkan. Disamping rasa sakit yang bisa timbul setiap saat, penyakit ini juga membatasi makanan yang biasa kita konsumsi, tidak seperti kala keadaan sehat.

Namun dengan mengonsumsi buah belimbing secara teratur, niscaya penyakit penyakit lambung yang Anda derita berangsur membaik. Buah belimbing dan ekstrak daunnya memiliki kandungan terpenoid, lendir dan flavonoid yang dapat melindungi lapisan lambung, sehingga membantu menjaga lambung tetap sehat.

5. Membantu Menjaga Kepadatan Tulang Dan Gigi

Berbagai kandungan gizi baik yang terdapat pada buah belimbing, seperti zat besi, magnesium, fosfor dankalsium memiliki peranaan penting dalam menjaga kepadatan tulang dan memelihara kesehatan gigi. Selain itu mampu mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan juga radang sendi.

6. Efektif Menurunkan Penyakit Kolesterol

Mungkin bagi yang pernah menderita penyakit kolesterol tahu iya akan peranan buah ini dalam membantu pembuangan minyak jahat pada tubuh. Ya dengan mengonsumsinya secara rutin setiap hari bisa membantu dalam menetralisirkan tubuh dari kolesterol.

Ya, sebab kandungan gizi baik pada buah belimbing dapat mengikis kolesterol berlebih, asam empedu dan lipid lalu membuangnya bersama kotoran. Sehingga kadar kolesterol berlebih dalam tubuh dapat terkurangi.

7. Melancarkan Produksi ASI

Bagi ibu muda yang mengalami kesulitan karena produksi asinya tidak lancar, bisa mencoba mengonsumsi buah satu ini. Jadi selain daun katuk, buah belimbing juga dapat melancarkan kelenjar susu yang tersumbat atau yang tidak lancar. Sebab kandungan yang terdapat pada buah belimbing mampu menstimulasi pergerakan kelenjar susu dan menjadikannya lancar.

Demikian itu tadi 7 manfaat buah belimbing bagi tubuh yang patut kalian ketahui. Dengan mengonsumsinya secara rutin ataupun berkala semoga bisa memelihara kesehatan Anda. Pastikan juga imbangilah dengan memulai hidup sehat, yaitu olahraga secara teratur dan tidur yang cukup, agar imunitas tubuh terjaga dan tidak gampang terserang penyakit.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan