6 Tips Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan Secara Aman

6 Tips Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan Secara Aman

Berat badan ideal selalu menjadi dambaan setiap orang, terutama wanita. Banyak langkah menuju body langsing dan proposional saat ini. Seperti menjaga pola makan dan minum 1 saset suplemen serat terbaik menjelang tidur di malam hari. Bahkan, tidak jarang beberapa orang bekerja ekstra untuk mencapai tubuh ideal mereka dengan diet yang ketat.

Daripada menjalani diet ketat, lebih baik mengikuti diet yang aman. Karena diet aman tidak memberikan efek berbahaya. Diet aman hanyalah menjaga pola makan, membatasi makanan dan mempertahankan gaya hidup sehat. Nah, bagi Anda yang sedang berpikir untuk menurunkan berat badan melalui diet yang aman, berikut beberapa tips yang harus Anda ketahui.

1. Minum Air Hangat

Banyak-banyaklah mengkonsumsi air putih hangat, sangat disarankan setelah bangun tidur sebanuak 1-2 gelas. Karena ada penelitian yang sudah membuktikan dalam keadaan perut kosong lalu meminum air putih bisa membantu proses pencernaan. Tak hanya itu, air putih hangat ini juga bisa membantu mengaktifkan sistem metabolisme. Selain itu, Anda juga perlu mengkonsumsi air hangat setelah makan makanan yang berminyak. Anda bisa menambahkan juga perasan jeruk lemon atau jeruk nipis hangat.

2. Makan Dirumah Saja

Untuk diet sehat, Anda harus mengurangi camilan yang tinggi kalori dan lemak. Karena makanan yang mengandung lemak tentu bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan. Oleh karena itu, solusi yang tepat adalah makan di rumah sesuai kebutuhan tubuh. Hindari makanan berlemak seperti gorengan.

3. Kurangi Garam

Tips diet sehat selanjutnya adalah mengurangi makanan tinggi garam. Karena garam bisa membuat tubuh terlihat kembung. Hal ini karena garam memiliki fungsi mengikat air. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi garam, Anda tetap diperbolehkan mengonsumsi garam dalam jumlah sedang. Karena tubuh juga membutuhkan senyawa garam agar otak dan sistem otot dapat berfungsi.

Rasa asin dari makanan inilah yang membuat kita terus menerus ketagihan makan, sehingga berat badan bisa naik dengan cepat. Untuk menghindarinya, kurangi camilan dan ganti bumbu masak dengan garam yang sehat.

4. Perbanyak Asupan Serat

Seperti yang telah kami singgung diatas, tubuh membutuhkan serat sebagai komponen prebiotik. Oleh karena itu, dalam diet sehat ini, pastikan Anda mengonsumsi serat yang sehat dan tidak melebihi jumlah yang dibutuhkan dalam tubuh. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari diare. Apabila sulit mendapatkan serat alami, Anda bisa mencoba FibreFirst sebagai tambahan asupan serat harian.

Tips untuk diet sehat termasuk makan makanan yang mengandung serat sehat seperti lidah buaya, brokoli, almond, yogurt, roti gandum, ubi jalar, apel, dan edamame. Manfaat mengonsumsi lebih banyak serat adalah membuat Anda cepat kenyang dan bisa bertahan lebih lama. Hal ini untuk mendorong Anda agar tidak terlalu banyak mengonsumsi nasi.

5. Aktif Banyak Gerak

Selain mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat, aktif juga merupakan tip makan sehat. Gerakan bukan hanya olahraga, Anda bisa melakukan banyak aktivitas ringan yang berbeda. Bagi Anda yang suka berenang, ini bisa menjadi solusi tepat untuk diet karena berenang bisa membakar 500-700 kalori dalam tubuh. Apalagi sprint adalah olahraga yang bisa membakar banyak kalori.

Tips makan sehat adalah dengan menjaga kebiasaan tidur yang baik dan menghindari stres. Karena ketika stres melanda dan tinggi, kita makan lebih banyak. Selain itu, stres juga dapat mempengaruhi hormon lain dan menyebabkan ngidam, karena dapat meningkatkan hormon kortisol. Kebiasaan tidur yang tidak tepat juga dapat merangsang hormon lapar leptin. Oleh karena itu, menjaga rutinitas tidur yang sehat juga tetap terjaga, namun bukan berarti Anda bisa tidur dalam waktu yang lama. Sebaiknya tidur sesuai dengan kebutuhan tubuh, agar tidak membuat tubuh lemas dan mudah terlelap.

Berikut adalah 6 tips makan sehat untuk menurunkan berat badan dengan aman tanpa efek samping. Untuk mendapatkan berat badan ideal, ikuti 6 tips ini secara rutin. Karena jika Anda melakukannya sekali atau dua kali, mungkin tidak akan berpengaruh pada tubuh Anda.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + nineteen =

Diet, Makanan Diet, Tubuh Langsing, Diet Pemula, Tubuh Sehat Dan Ideal Previous post Tips Diet Mudah Bagi Pemula
Temukan Cara Diet Aman yang Membawa Hasil Cepat Next post Temukan Cara Diet Aman yang Membawa Hasil Cepat