6 Manfaat Omega Tiga Bagi Kesehatan

6 Manfaat Omega Tiga Bagi Kesehatan

Berbicara manfaat omega tiga bagi tubuh, kita akan menemukan segudang manfaatnya bagi kesehatan. Entah sebagai pembenteng tubuh dari penyakit ataupun sebagai terapi pengobatan suatu jenis penyakit tertentu. Tapi nama omega tiga yang masih terdengar asing, membuat seseorang yang belum tahu perihalnya akan bertanya-tanya, apa itu omega tiga dan darimana mendapatkannya?

Omega tiga merupakan jenis asam lemak esensial. Dalam artian zat ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kita, melainkan harus melalui media lain. Kita dapat menemukannya pada tanaman kacang-kacangan dan juga pada jenis ikan tertentu, seperti salmon, tuna dan sarden. Secara umum omega tiga terbagi dalam tiga jenis yaitu: ALA, DHA dan EPA.

Pentingnya Mengetahui Manfaat Omega Tiga Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui apa itu omega tiga dan darimana kita bisa mendapatkan. Sekarang ke tahap selanjutnya yaitu mengenai peranan penting zat ini bagi kesehatan tubuh. Apa saja itu? Berikut akan kami ulas 6 manfaat omega tiga bagi tubuh.

1. Mencegah Depresi Dan Kecemasan Berlebih

Selain bermanfaat sebagai pengobat kesehatan fisik, ternyata omega tiga juga mempunyai peranan lain terkait kesehatan mental. Sebab menurut penelitian, dengan rajin mengonsumsi omega tiga bisa membantu meredakan depresi ataupun kecemasan berlebihan yang ditimbulkan oleh gangguan mental.

Dari tiga jenisnya, asam lemak omega tiga jenis EPA lah yang merupakan yang paling baik dalam melawan depresi ataupun cemas berlebihan. Studi juga mengungkapkan EPA juga sama efektifnya dengan obat antidepresan seperti Prozac yang kinerjanya ampuh untuk menenangkan saraf.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat lain dari omega tiga selanjutnya adalah untuk meningkatkan kesehatan mata. Namun yang dibutuhkan kali ini adalah omega tiga jenis DHA, yang sangat bagus untuk mencegah risiko degenerasi makula. Yaitu sebuah fungsi mata yang apabila mengalami penurunan bisa mengakibatkan kebutaan permanen.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

3. Menjaga Dan Meningkatkan Kesehatan Otak Bayi

Manfaat omega tiga ternyata juga bisa dirasakan pada bayi, bahkan ketika masih dalam kandungan. Omega tiga jenis DHA menyumbang 40 persen asam lemak tak jenuh ganda pada otak si kecil dan sisanya 60 persen di retina. Jadi tidak mengherankan jika bayi yang diberi susu formula dengan kandungan DHA dapat berpotensi memiliki kecerdasan otak yang lebih baik.

Bila selama menjalani masa kandungan sang ibu mendapat asupan omega tiga yang cukup, maka itu juga memberikan keuntungan bagi calon buah hati. Antara lain: Kecerdasan anak lebih tinggi, mengurangi risiko keterlambatan perkembangan mental pada anak dan berkurangnya terkena autisme.

4. Membantu Melawan Peradangan

Perlu diketahui bahwa peradangan memiliki peranan penting bagi tubuh untuk melawan infeksi dan juga memperbaiki kerusakan dalam sel tubuh akibat luka. Namun terkadang kemerosotan peradangan bisa muncul dalam jangka yang lama dan susah sembuh. Hal tersebut jika dibiarkan bisa memunculkan timbulnya beragam penyakit.

Untuk itu, dengan mengonsumsi omega tiga secara teratur dapat mengurangi produksi molekul berlebih dan juga zat yang menyebabkan peradangan, seperti eicosanoids inflamasi dan sitokin.

5. Membantu Mencegah Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun adalah sebuah kejadian dimana sitem imun tubuh menyerang sel baik dalam tubuh karena dianggap sebagai sel asing, salah satunya adalah diabetes tipe-1. Pada riwayat penyakit ini, sistem kekebalan tubuh menyerang sel penghasil insulin di pankreas atau kelenjar ludah perut.

Studi kesehatan menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi omega tiga secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit autoimun, termasuk diabetes tipe-1. Tak hanya sebagai pencegah autoimun, omega tiga juga terbukti membantu mengobati penyakit lupus, kolitis ulserativa, penyakit crohn dan juga psoriasis.

6. Melawan Penurunan Fungsi Otak

Mengalami penurunan fungsi otak adalah salah satu faktor dari tanda proses penuaan yang sedang terjadi. Namun dengan pengonsumsian omega tiga secara rutin pada usia senja dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penurunan fungsi otak dan juga penurunan risiko penyakit alzheimer.

Studi kesehatan juga telah menemukan bukti, bahwa seseorang yang sering mengonsumsi ikan laut jenis salmon, tuna maupun sarden, cenderung memiliki lebih banyak gumpalan materi abu-abu pada otak. Dimana jaringan otak tersebut mempunyai fungsi guna memproses informasi, memori dan juga emosi.

Itu tadi 6 manfaat omega tiga bagi tubuh guna menunjang kesehatan optimal. Semoga uraian singkat yang saya sampaikan bermanfaat. Kini asam lemak omega tiga sudah banyak tersaji dalam bentuk kapsul dan lebih praktis. Dengan rajin mengonsumsinya secara teratur Anda sudah membekali tubuh Anda dengan perisai ampuh yang dapat menghindarkan diri dari berbagai penyakit.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan