6 Cara Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

6 Cara Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Ini adalah 6 cara ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal yang paling sering dilakukan para pegiat hidup sehat. Orang-orang tipekal ini adalah orang yang sangat menghargai kesehatan, terutama kesehatan ginjal. Sebab tak salah, organ dalam tubuh yang satu ini memang memiliki banyak fungsi dalam peranannya.

Ginjal adalah salah satu organ dalam tubuh yang sangat penting sebagai penjaga kesehatan tubuh, sehingga memiliki ginjal yang sehat adalah dambaan setiap orang. Lantas apa saja fungsi ginjal, ini ada sedikit penjelasan mengenainya fungsi ginjal yang wajib Anda ketahui :

  • Sebagai pengatur jumlah cairan dalam tubuh
  • Penyaring dan pembuang racun dalam tubuh
  • Pengaktifan fungsi vitamin D supaya bisa menjaga kesehatan tulang
  • Mengatur tekanan darah
  • Sebagai sistem pelepas hormon dalam membantu pembentukkan sel darah merah
  • Menyeimbangkan mineral dalam darah

Faktor Pemicu Terjadinya Penyakit Ginjal

Adapun beberapa faktor yang menjadi pemicu terjadinya penyakit ginjal. Dimulai dari kebiasaan hidup yang kurang sehat dan dampak penyakit bawaan, yaitu :

  • Hipertensi
  • Diabetes
  • Penyakit Jantung
  • Seseorang diatas usia 60 tahun (usia segitu memang sangat rawan terserang penyakit ginjal)
  • Mempunyai riwayat bawaan penyakit ginjal
  • Infeksi kronis saluran kencing
  • Mengkonsumsi jenis obat tertentu dalam jangka panjang

Meski semua masih indikasi, namun tidak ada salahnya jika memulai memperhatikan dari awal sebelum penyakit tersebut datang. Sebab sehat selalu dimulai dari diri kita sendiri.

Lantas, usaha apa saja yang harus dilakukan untuk menghindari diri dari penyakit ginjal? Berikut 6 cara ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal yang umum dilakukan orang, ini dia :

1. Perbanyak Minum Air Putih Untuk Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Pada umumnya, rata-rata manusia meminum kurang lebih 8 gelas atau 2 liter air putih sehari sesuai anjuran Dokter. Dengan meminum banyak air, itu akan banyak memberi manfaat pada organ-organ dalam tubuh untuk membantu proses kinerjanya masing-masing, salah satunya adalah ginjal.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

2. Konsumsilah Makanan Sehat Yang Kaya Akan Serat

Makanan kaya serat bisa Anda temukan pada buah-buahan dan semua jenis sayuran hijau. Keduanya adalah sumber serat yang dapat memberi banyak manfaat pada organ dalam tubuh, termasuk ginjal. Jadi semakin menyehatkan makanan itu, semakin baik pula proses rotasi ginjal dalam kinerjanya.

3. Melakukan Aktiftas Fisik Secara Rutin

Aktifitas fisik atau olahraga adalah hal yang wajib dilakukan jika menginginkan ginjal yang sehat. Ada banyak manfaat dari melakukan olahraga tersebut. Disamping menyehatkan jantung, salah satunya ialah membantu kinerja ginjal dalam melakukan penyaringan racun agar keluar dalam tubuh.

4. Hentikan Kebiasaan

Dalam hal ini kita sudah bisa memetik beberapa hikmah, bahwa tak ada keuntungan sama sekali dalam masalah kesehatan jika terus-menerus berkecinampung dengan asap yang dihasilkan oleh nikotin ini. Sekilas memang nikmat, namun nyatanya menyimpan berbagai racun dari asapnya.

Berbagai penyakit akan datang mengintai, salah satunya penyakit paru-paru, jantung dan gagal ginjal. Jadi langkah terbaik ialah dengan menghindari atau meninggalkannya.

5. Lakukan Pemeriksaan Ginjal Meski Tidak Ada Keluhan

Hal ini juga wajib dilakukan untuk mengetahui secara pasti hal-hal yang berhubungan dengan penyakit ginjal. Meski Anda tak memiliki riwayat ataupun bawaan penyakit ini, tidak ada salahnya jika tetap melakukan pemeriksaan secara rutin. sebagai pengambilan langkah dan pengantipasian diri.

6. Menjaga Berat Badan Agar Tidak Obesitas

Kelebihan berat badan pada umumnya tidak baik bagi kesehatan, karena bisa memicu datangnya berbagai penyakit. Penyakit jantung, diabetes, penyakit ginjal adalah salah satu penyakit yang rutin menyerang seseorang dengan berat badan lebih. Adapun cara yang paling mudah ialah dengan diet dan rajin berolah raga.

Itulah tadi 6 cara ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal yang patut Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab yang namanya mencegah, masih lebih baik daripada mengobati. Kalau sudah sakit, kita baru akan memahami, betapa berharganya kesehatan itu. Demikianlah pemaparan singkat dari kami, semoga bermanfaat.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan