5 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Pola Hidup Tidak sehat

5 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Pola Hidup Tidak sehat

Bagi masyarakat yang hidup di perkotaan, tentunya sering menemukan berbagai penyakit yang disebabkan oleh pola hidup tidak sehat. Hal ini kerap ditenggarai oleh faktor pola makan yang tidak sehat. Seperti mengkonsumsi junk food dan jenis makanan instant lainnya.

Bahwasanya hal itu dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Tetapi banyak masyarakat yang tidak mengerti akan hal tersebut. Mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan yang enak dibandingkan dengan makanan yang sehat.

Ini yang menyebabkan masyarakat Indonesia mengalami berbagai penyakit baru yang disebabkan oleh pola hidup tidak sehat. Pola hidup sehat biasanya didasari oleh mengkonsumsi makanan yang sehat serta olahraga dan istirahat yang teratur.

Adapun beberapa penyakit yang disebabkan oleh pola hidup tidak sehat berikut diantaranya :

1. Penyakit Kelebihan Berat Badan

Biasanya orang menyebutnya dengan obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini terjadi karena sering mengonsumsi makanan tidak sehat. Sehingga sari pati makanan tersebut tidak dapat dicerna tubuh dengan baik dan menyebabkan pencernaan menjadi tidak lancar.

Adapun faktor lainnya adalah, jarang menggerakkan tubuh. Sehingga tubuh menjadi tempat berkumpulnya lemak. Lama-kelamaan lemak itu yang menjadi banyak sehingga membuat badan menjadi berkembang hingga dinamakan obesitas alias kegemukan.

2. Tekanan Darah Tinggi

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Ada yang faktor keturunan dan ada pula yang karena efek samping dari jenis makanan yang sering dikonsumsinya dalam kurun waktu yang lama.

Penyakit ini juga bisa muncul akibat kebiasaan buruk lainnya, seperti begadang, merokok, alkohol dan stres. Kebiasaan buruk tersebut sangat berpengaruh akan datangnya penyakit darah tinggi.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

3. Penyakit Gangguan Pembuluh Darah

Beberapa masyarakat Indonesia banyak yang mengalami penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada pembuluh darah. Semua disebabkan oleh gaya hidup tak sehat. Kalau terus-terusan dibiarkan bisa mengakibatkan stroke.

Penyakit ini tidak memandang umur dan bisa terjadi secara tiba-tiba, tak terkecuali bahkan anak muda. Untuk itu perlunya merubah gaya hidup yang tidak sehat aar terhindar dari berbagai penyakit.

4. Penyakit Ginjal

Jenis penyakit ini biasanya menyerang laki-laki baik usia muda maupun tua. Bahkan ada beberapa orang yang meninggal karena penyakit ini. Sebenarnya penyakit ini disebabkan karena kurangnya minum air putih, kebutuhan serat dan penyakit bawaan.

Namun faktor lain yang turut mempengaruhi adalah, pengonsumsian jenis obat tertentu dalam jangka panjang. Hingga berpengaruh pada kesehatan ginjalnya.

5. Penyakit Paru-Paru

Merokok merupakan salah satu bagian dari pola hidup tak sehat yang sering dijadikan kebiasaan beberapa individu. Dengan terkontaminasi nikotin secara terus-menerus mengakibatkan paru-paru menjadi terganggu. Penyakit gagal ginjal dan jantung juga kerap menghampiri para perokok berat.

Dari beberapa penyakit di atas, hampir rata-rata terjadi karena pola hidup tidak sehat dan sebagiannya karena faktor keturunan. Untuk itu penting menerapkan pola hidup yang sehat agar beberapa penyakit tidak mudah datang. Sebagaimana anjuran para Dokter: Lebih baik mencegah dari pada mengobati. 

Namun segala penyakit baru terasa ketika telah beranjak tua. Hal seperti ini yang perlu kita sadari sedini mungkin. Agar penyakit yang berbahaya tidak datang di kemudian hari.

Seperti di zaman sekarang, banyaknya makanan instan dan junk food membuat penyakit yang beraneka ragam timbul. Kurangnya berolahraga juga menjadi kunci dari permasalahan tersebut. Akhirnya menyebabkan mereka terserang berbagai penyakit.

Sebenarnya penyakit ini bisa kita obati dengan cara mengubah pola hidup menjadi sehat. Hanya dengan cara ini penyakit tersebut tidak datang ke dalam tubuh kita. Tetapi terkadang masyarakat malas untuk melakukannya.

Mengapa penyakit seperti di atas terjadi? Padahal zaman dulu tidak ada penyakit yang aneh-aneh. Hal itu disebabkan karena beberapa makanan yang terkadang mengandung pengawet dan penyedap rasa yang berlebih.

Hal tersebut sebenarnya dilarang oleh dokter untuk dikonsumsi dalam jangka panjang karena dapat menyebabkan penyakit yang sangat serius. Maka dari itu kita harus waspada dan berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan.

Demikian uraian yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel di atas dapat memberi manfaat tambahan agar kita senantiasa terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh pola hidup tidak sehat.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan