5 Manfaat Melakukan Olahraga Secara Rutin

5 Manfaat Melakukan Olahraga Secara Rutin

Melakukan olahraga secara teratur sangat menguntungkan bagi tubuh. Disamping menjadikan tubuh sehat dan bugar, bentuk tubuh juga akan menjadi lebih ideal. Selain itu, manfaat melakukan olahraga secara rutin juga dapat membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit.

Olahraga memiliki tiga tingkatan yang terbagi dalam kelasnya masing- masing. Dimulai dari kelas berat, sedang dan ringan. Namun, apapun jenis olahraga yang dipilih, sebaiknya harus disesuaikan dengan masalah kesehatan dan usia seseorang.

Untuk seseorang yang masih aktif dan energik bias melakukan olahraga kelas berat. Lalu, untuk yang berusia 45 tahun ke atas, lebih cocok berolahraga kelas sedang, dan bagi para manula atau seseorang yang baru sembuh dari sakit, sangat disarankan memilih olahraga kelas ringan.

Manfaat Melakukan Olahaga Secara Rutin Bagi Tubuh

Olahraga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun, waktu paling ideal dalam berolahraga adalah pagi dan sore hari. Melakukan aktivitas olahraga tidak harus selalu berat, meski hanya sekedar olahraga ringan asal rajin dilakukan dengan rutin tetap bisa membuat tubuh sehat.

Berikut akan kami bahas satu-persatu apa saja 5 manfaat olahraga bagi tubuh. Pastinya kelima manfaat ini akan Anda dapatkan jika Anda melakukan olahraga dalam jangka waktu tertentu dan dilakukan secara rutin.

1. Membuat Tubuh Lebih Sehat

Melakukan olahraga secara teratur dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, metabolisme tubuh juga menjadi lebih terjaga. Hasilnya, tubuh akan membentuk antibodi yang mampu melawan timbulnya berbagai penyakit di dalam tubuh.

Kegiatan seperti lari-lari kecil, renang, dan jalan santai juga termasuk dalam olahraga ringan karena tubuh bergerak aktif dan mengeluarkan keringat. Olahraga juga mampu meningkatkan jumlah oksigen dan nutrisi dalam tubuh.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

2. Menjaga Tubuh Dari Obesitas

Rutin melakukan aktivitas fisik dapat membantu tubuh dalam mengendalikan berat badan yang diakibatkan oleh timbunan lemak, sehingga memperkecil resiko terkena penyakit obesitas. Hal itu karena olahraga bisa mengontrol nafsu makan seseorang.

Penting sekali menerapkan olahraga secara teratur sejak dini. Anda bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti berjalan-jalan, menggerakan tangan, ataupun menari-nari dengan diiringi lagu favorit yang akan menambah semangat.

3. Memperbaiki Mood Yang Sedang Buruk

Olahraga juga mampu memperbaiki mood yang buruk dan mengendalikan tingkat stres dalam otak. Detak jantung yang cepat ketika berolahraga dapat mengirim rangsangan ke dalam membran otak dan mengurangi stres yang diakibatkan oleh berbagai masalah.

Pada dasarnya rasa kalut dan stres yang terjadi pada tubuh kita dapat menghambat sirkulasi darah sehingga peredaran darah tidak lancar. Namun, dengan melakukan olahraga dan aktif bergerak, sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan stres pun berkurang.

4. Membantu Memperbaiki Kualitas Tidur

Olahraga dengan teratur akan membuat tubuh lebih segar sepanjang hari serta membuat tidur kita nyenyak di malam hari. Sebab dengan irama detak jantung yang cepat ketika kita berolahraga, itu dapat memperkuat ritme sirkandian.

Jadi, untuk kalian yang mengalami masalah susah tidur, berolahragalah di sore hari karena ketika  tubuh kelelahan akan mengantarkan kita pada rasa kantuk dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak di malam hari.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Mungkin diantara kalian masih ada yang belum menyadari, bahwa olahraga secara teratur ternyata bisa meningkatkan rasa percaya diri. Pasalnya seseorang yang memiliki postur tubuh bagus karena rajin berolahraga akan memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi.

Berbeda dengan orang yang malas berolahraga, tubuhnya akan memiliki lipatan lemak yang sangat mengganggu penampilan. Sehingga secara tidak langsung, kumpulan lemak itu dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang karena postur tubuhnya tidak ideal atau obesitas.

Itula beberapa manfaat melakukan olahraga secara rutin. Dengan berolahraga secara teratur, Anda dapat menemukan banyak keuntungan terutama bagi kesehatan tubuh. Namun, penting sekali untuk melakukan pemanasan terlebih dulu agar otot tubuh tidak kram dan mengurangi resiko cidera.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan