4 Sehat 5 Sempurna Beserta Fungsinya

4 Sehat 5 Sempurna Beserta Fungsinya

Para masyarakat tentunya pasti pernah mendengar apa itu 4 sehat 5 sempurna. Kata-kata ini sering diulang ketika di sekolah. Hal tersebut adalah cara pemerintah agar anak Indonesia mendapatkan asupan baik.

Asupan tersebut terdiri dari nasi hingga susu untuk anak tersebut konsumsi. Terkadang masyarakat masih ada yang salah dalam mengkonsumsi asupan tubuh. Hal ini yang menyebabkan orang terkadang kekurangan asupan makanan yang baik.

Inilah Macam-Macam Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Hal ini sudah pemerintah bukan saat ini saja tetapi sudah dari dulu pemerintah menerapkan sistem ini. Tetapi dengan adanya hal ini terkadang masyarakat masih ada yang tidak mematuhinya.

Fungsi dan macam-macam dari makanan empat sehat serta lima sempurna:

1. Makanan inti

Makanan inti disini yaitu seperti nasi, dan karbohidrat lainnya. Makanan inti sendiri memiliki fungsi sebagai sumber energi manusia. Maka dari itu karbohidrat sanglah penting bagi tubuh.

2. Makanan pedamping

Makanan jenis ini bisa dibilang seperti lauk untuk dimakan bersama makanan pokok. Makanan ini terdiri dari telur, ayam, daging, ikan dan lain sebagainya. Hal tersebut dipercaya bahwa makanan pendamping dapat mengembangkan dan memperkuat saraf otak.

3. Sayuran

Mengapa sayuran juga sangat penting dan masuk ke dalam asuoan gizi yang baik? Karena sayuran tersebut bisa untuk menyehatkan seluruh tubuh.  Tidak hanya itu sayuran juga dapat memperlancar BAB dan bagi ibu menyusui sayuran sangat bagus untuk memperlancar asinya.

4. Buah

Makan buah-buahan juga dapat menghambat penyakit datang ke dalam tubuh. Banyak buah yang mengandung akan vitamin jadi sangat bagus untuk di konsumsi. Paling tidak sehari cukup mengkonsumsi satu buah.

5. Minum susu

Dalam rantai makanan ini susu menjadi penyempurna diantara lainnya. Tetapi banyak orang yang melupakan hal tersebut dan menganggap bahwa susu tidak lah penting. Susu juga memiliki fungsi yang sama dengan lainnya. Maka dari itu mengapa kita wajib untuk mengkonsumsi susu.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

Beberapa hal diatas adalah fungsi dari asupan gizi yang baik. Jika ada salah satu saja yang tertinggal, maka asupan gizi pun menjadi tidak sempurna. Hal ini perlu untuk kita pelajari secara bersama-sama agar kita mendapatkan asupan gizi yang baik dan terhindar dari berbagai penyakit.

Zaman sekarang orang menjadi jarang mengkonsumsi sayur dan lebih suka memakan makanan cepat saji. Padahal makanan  cepat saji sangat tidak dianjurkan untuk di konsumsi secara berlebih. Adanya beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi makanan tersebut.

Jika kalian ingin memiliki badan yang sehat maka kita lah yang harus menjaganya. Dengan cara mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat. Agar tubuh kita menjadi sehat dan kuat juga tentunya.

Ada beberapa juga yang sering kali terjadi ketika tidak dibiasakan dari kecil mengkonsumsi makanan yang sehat. Maka saat dewasa pun mereka akan sulit untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Maka dari itu pemerintah menerapkan sistem tersebut karena agar masyarakat dapat terbiasa mengkonsumsinya. Tidak hanya itu saja, kita juga diajarkan untuk bagaimana caranya hidup sehat dimulai dari makanan yang ber gizi pula.

Banyak masyarakat Indonesia yang rentan akan berbagai penyakit karena kurangnya mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Dimulai dari diri kita sendiri baru orang lain akan mengikutinya. Hampir sebagian orang tidak memperdulikan akan asuoan gizi yang mereka makan.

Sebenarnya dengan kita mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi saja otu sudah cukup untuk menjaga kesehatan badan. Tidak hanya itu saja berolahraga yang teratur juga diperlukan saat ini untuk menambah stamina tubuh.

Banyak anak kecil sekarang jarang sekali kita melihat mereka makan sayur. Hal ini terkadang dianggap spele oleh orang tua mereka. Padahal ini merupakan hal yang wajib untuk anak.

Anak zaman sekarang lebih suka mengkonsumsi junkfood dibandingkan sayuran. Inilah yang dapat merusak sistem saraf otak anak tidak berfungsi secara maksimal. Sehingga membuat mereka malas untuk berpikir di sekolah.

Maka dari itu kita harus membantu pemerintah dalam program makan 4 sehat 5 sempurna.  Agar tubuh tetap sehat dan kuat serta tumbuh kembang pun dapat berjalan secara maksimal.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan