4 Manfaat Olahraga Bagi Remaja Jika Dilakukan Sejak Dini

4 Manfaat Olahraga Bagi Remaja Jika Dilakukan Sejak Dini

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas 4 manfaat olahraga bagi remaja jika dilakukan sejak dini. Namun sebelum kita membahasnya, ada baiknya kita mengenali dulu ciri-ciri olahraga yang disesuaikan bagi kebutuhan golongan usia tertentu.

Olahraga sendiri terbagi dalam tiga kategori umum, yaitu : Olahraga berat, olahraga sedang dan yang terakhir adalah olahraga ringan. Semua telah terklasifikasi dan disesuaikan dengan faktor usia dan tingkat stamina pegiat olahraga itu.

Olahraga berat sangat dianjurkan bagi anak muda yang masih aktif dan memiliki stamina yang kuat. Seperti, berlari cepat, mengangkat beban berat dan beladiri.

Olahraga sedang diperuntukkan bagi anak-anak dan orang yang sudah memasuki usia 45 tahun. Seperti berlari-lari kecil, jalan-jalan ataupun bersepeda.

Sedang olahraga ringan, sangat dikhususkan bagi para manula dan orang sakit. Dengan melakukan jalan-jalan santai dan menggerak-gerakkan tangan biar tidak kaku.

Lakukanlah Olahraga Sebagai Hobi

Olahraga mempunyai artian tersendiri bagi para pegiatnya. Bisa dilakukan karena hobi ataupun bisa dilakukan sekedar untuk kesehatan saja. Namun alangkah menyenangkan jika mampu memposisikan keduanya, untuk kesehatan sekaligus sebagai hobi.

Dalam dunia olahraga banyak sekali cabangnya, kita bisa memilih salah satunya sebagai hobi. Seperti bermain sepak bola, berlatih beladiri dan juga mendaki gunung. Sebab jika kita melakukan sesuatu dengan perasaan senang, olahraga yang beratpun terasa ringan dan jadi tidak membosankan.

Menyempatkan Olahraga Meski Hanya Sebentar

Tak dapat dipungkiri, olahraga yang monoton terkadang membuat kita bosan untuk melakukan setiap hari. Jadi seringnya kita melakukan aktifitas fisik hanya mengandalkan suasana hati. Kalau hati lagi mood kita bisa semangat untuk berolahraga, tetapi jika hati lagi tidak mood seringnya kita menjadi malas.

Jika hal itu sudah terjadi, lakukan gerakan pancingan seperti menggerak-gerakkan tangan ke atas, lari-lari kecil di tempat, atapun hanya push up. Itu sudah termasuk olahraga.

Jadi sebisanya tetap jaga pola olahraga meski hanya sebentar. Karena dengan berolahraga sedari dini kita akan menemukan banyak sekali manfaatnya, tidak hanya pada masa muda seperti sekarang ini, tapi juga pada saat tua nanti.

Apa saja manfaatnya jika kita berolah raga sejak dini?  yuk kita simak bersama mengenai manfaat dari olahraga itu apa, Berikut 4 Manfaat Olahraga Bagi Remaja Jika Dilakukan Sejak Dini :

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Adapun salah satunya dengan menerapkan olahraga setiap hari. Mampu menjaga jantung tetap sehat dan kuat. Sebab jantung adalah organ penting dalam tubuh yang bekerja memompa darah.

Untuk itu sangat penting menjaganya sejak dini agar terhindar dari penyakit jantung. Namun semua juga harus diimbangi dengan pola makan sehat, dengan tidak merokok atau mengkonsumsi alkohol.

2. Mengurangi Stres / Depresi

Anak muda sangat rawan akan depresi dan stres, semua ditimbulkan dari beban pikiran yang dideritanya. Entah itu masalah pelajaran di sekolah, masalah keluarga ataupun masalah asmara.

Dengan mengesampingkan dan menyibukkan diri dengan hal-hal bermanfaat, salah satunya menekuni olahraga sebagai hobi. Sangat manjur untuk mengurangi stres atapun deperesi bagi remaja.

3. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Sudah barang tentu jika kita gemar berolahraga, tubuh kita akan sehat dan daya tahan tubuh meningkat. Tidak gampang sakit dan lebih kebal terhadap segala jenis penyakit, dibandingkan dengan anak muda yang malas untuk berolahraga.

Jadi pentingnya menjaga pola berolahraga, perlu diterapkan sejak dini, sehingga jika sudah seperti ini maka tubuh akan terbisa.  Selain itu, semua akan memberi kita keuntungan kesehatan jasmani sampai tua nanti.

4. Mencegah Obesitas

Hal terakhir yang patut diperhatikan dengan seringnya melakukan olahraga dengan teratur adalah, kita bisa terhindar dari masalah kelebihan beban tubuh. Sebab tak dapat dipungkiri para remaja usia 18-25 yang jarang beraktifitas fisik sangat rawan akan penyakit kegemukan.

Hal ini dikarenakan teralih akan kesenggangan waktunya.Jadi untuk menghindarinya, kita harus bisa meningkatkan olahraga secara teratur dan semaksimal mungkin, agar terhindar dari obesitas atau penyakit kegemukan.

Itu tadi 4 manfaat olahraga bagi remaja jika dilakukan sejak dini. Semoga artikel di atas berguna dalam menggiatkan semangat olahraga generasi muda. Sebab seperti yang kita ketahui, di dalam tubuh yang sehat, sudah pasti terdapat jiwa yang kuat.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan