4 Asupan Makanan Untuk Ibu Hamil Muda Trimester Pertama

4 Asupan Makanan Untuk Ibu Hamil Muda Trimester Pertama

Pada dasarnya, sangat penting sekali untuk memberikan asupan makanan ibu hamil yang bergizi pada trisemester awal kehamilan. Dengan yang baik dan bergizi akan membuat ibu dan bayi dalam kandungan akan selalu dalam keadaan sehat.

Asupan Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Bergizi

Jika Bunda sembarangan dalam mengonsumsi makanan, maka akan sangat beresiko terhadap kehamilan. Pemenuhan asupan makanan yang bergizi sudah bisa diterapkan pada trisemester awal kehamilan. Pada trimester awal merupakan sebuah fase yang sangat penting bagi ibu hamil karena pada masa semua organ tumbuh pada janin muka terbentuk dan berkembang.

Pada fase ini juga, biasa Bunda akan sering mengalami morning sickness yang akan membuat Bunda mengalami kesulitan dalam makanan yang benar. Morning sickness merupakan sebuah gejala seorang ibu hamil mengalami mual dan minta yang hal ini terjadi karena adanya penyesuaikan tubuh terhadap keberadaan rahim. Setiap wanita hamil tidak semua mengalaminya tapi hampir 80% mengalaminya.

Meskipun mengalami mual dan muntah, Bunda harus tetap memenuhi kebutuhan makanan yang sehat selama masa hamil muda. Hal ini supaya nutrisi di dalam kandungan cukup. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan untuk ibu hamil muda yang harus Bunda konsumsi, yaitu :

1. Susu

Susu merupakan jenis minumam yang menyehatkan. Selain menyehatkan, susu juga bagus untuk ibu hamil. Kandungan kalsium yang banyak di dalamnya akan membantu dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang pada janin.

Selain susu, Bunda juga bisa konsumsi berbagai macam makanan yang terbuat dari bahan dasar susu. Misalnya saja yogurt dan Keju. Kedua makanan tersebut bisa digunakan untuk  memenuhi kebutuhan nutrisi pada janin dan tubuh selama masa kehamilan.

Selain protein dan kalsium, susu juga mengandung vitamin D yang akan membantu dan menjaga tumbuh kembang janin. Bunda  dapat mengonsumsinya untuk mengurangi resiko terhadap adanya komplikasi selama pada masa kehamilan. Bunda bisa mengonsumsinya sebagai makanan tambahan saat hamil.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

2. Gandum

Selain berfungsi untuk membuat Kue, gandum juga mempunyai manfaat yang baik untuk ibu hamil loh. Gandum bisa membantu dalam mengurangi obesitas pada saat masa kehamilan. Kandungan serat yang banyak pada gandum juga bisa membantu dalam melancarkan proses pencernaan dan mengurangi konstipasi selama masa kehamilan.

Pada saat hamil muda, Bunda bisa loh mengonsumsi berbagai macam jenis roti gandum. Lebih bagus lagi jika roti tersebut juga di tambahkan dengan irisan atau parutan keju. Hal ini karena keju banyak mengandung protein dan kalsium yang baik untuk ibu hamil.

3. Telur & Daging Unggas

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang sangat mudah untuk diperoleh. Selain itu, telur juga mudah untuk di olah. Makanan satu ini juga bagus loh untuk di konsumsi selama kehamilan muda.

Selain telur, pada saat hamil muda juga dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai macam daging unggas seperti daging ayam dan bebek. Daging ini mengandung banyak zat kolin yang sangat penting untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu hamil. Maka jika Bunda ingin selalu sehat pada masa kehamilan harus rutin mengonsumsi keduanya.

4. Ikan

Makanan untuk ibu hamil yang bagus adalah jenis ikan-ikanan. Bunda bisa mengonsumsi berbagai jenis ikan misalnya salmon, lele, kakap, nilai dan sebagainya. Semua jenis ikan tersebut mengandung vitamin D yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin.

Selain itu, ikan juga kaya akan asama lemak omega tiga yang sangat berguna untuk menjaga perkembangan janin dan kecerdasaan otak. Namun, Bunda harus menghindari konsumsi ikan besar dan predator ya karena ikan tersebut banyak terpapar merkuri. Ow iya, Bunda harus memastikan sudah memasak ikan dengan benar-benar matang agar bakteri dan kuman mati.

Selain empat makanan untuk ibu hamil yang sudah disebutkan di atas, Bunda juga harus konsumsi buah dan sayuran juga ya. Selain itu harus rajin berolahraga dimana Bunda harus rutin melakukan berbagai macam olahraga yang khusus diperuntungkan untuk wanita hamil. Yuk, jaga selalu kesehatan selama masa kehamilan.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan