10 Tips Perawatan Kulit Kering yang Harus Anda Coba!

10 Tips Perawatan Kulit Kering yang Harus Anda Coba!

Merawat kulit wajah adalah satu hal yang terpenting bagi semua orang, khususnya untuk para wanita. Untuk mendapatkan kulit yang kencang, kita harus melakukan perawatan. Namun, perawatan bisa membuat kulit kering. Nah, mari kita bahas tips perawatan kulit kering.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit kering, seperti lingkungan, kosmetik, atau pembersih wajah yang Anda pakai. Hal ini mengakibatkan kelenjar sebaceous lambat memproduksi minyak alami sehingga kulit jadi kering.

Kulit kering lebih sensitif dan rentan mengalami ruam dan kerusakan kulit. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Mari ikuti tips di bawah ini untuk merawat kulit kering Anda.

10 Tips Perawatan Kulit Mudah Kering

1. Pilihlah Pembersih Wajah Yang Lembut

Menggunakan pelembap mungkin adalah solusi terbaik dan efektif merawat kulit Anda. Namun, mencuci wajah menggunakan produk yang tepat juga tak kalah penting untuk mengatasi kulit kering.

Carilah pembersih wajah lembut yang tidak membuat pori-pori wajah tersumbat dan bebas dari alkohol. Hindari mencuci wajah secara berlebihan, karena dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kusam dan semakin kering.

2. Gunakan Pelembab

Kulit kering membutuhkan lebih banyak nutrisi dan kelembaban dibandingkan kulit normal ataupun berminyak. Pelembap berfungsi untuk memberikan hidrasi sekaligus menjaga kelembaban kulit. Gunakanlah pelembab saat setelah mandi.

3. Banyak Minum Air

Kurangnya asupan air dalam tubuh merupakan salah satu penyebab kulit kering. Oleh karena itu penuhilah kebutuhan air dalam tubuh dengan mengonsumsi air minimal 8 gelas dalam sehari.

Kulit akan menjadi cerah dan sehat ketika asupan air dalam tubuh terpenuhi dengan baik.

4. Menggunakan Tabir Surya

Sinar matahari memberikan dampak yang baik pada tubuh. Namun, apabila terlalu banyak atau terlalu sering terpapar sinar matahari maka akan berdampak buruk pada kulit.

Terlebih lagi jika Anda memiliki kulit yang kering, sinar ultraviolet akan membuat kulit dehidrasi dan mempercepat penuaan dini pada wajah. Jadi, gunakanlah tabir surya atau sunscreen saat berada di luar ruangan.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

5. Sering Menggunakan Masker

Rutin menggunakan masker akan membuat kulit Anda terhidrasi dengan baik dan mampu memperbaiki kulit yang kering. Pilihlah masker yang berbahan dasar lidah buaya, madu, alpukat, dan minyak zaitun.

Rutinlah menggunakan masker setiap seminggu sekali, Anda akan merasakan manfaatnya.

6. Konsumsi Ikan

Para ahli menyarankan Anda untuk mengonsumsi ikan sebagai cara cara mengatasi masalah kulit kering secara alami. Cobalah untuk menyeimbangkan makanan keseharian dengan memperbanyak konsumsi sayur dan ikan.

7. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu bahan herbal yang alami dan sederhana untuk memerangi kulit kering. Cobalah untuk mengoleskan minyak kelapa pada wajah yang kering.

Tidak hanya untuk kulit, minyak kelapa juga baik untuk bibir yang kering dan pecah-pecah. Minyak ini memang memiliki banyak manfaat untuk kulit.

8. Perawatan Dengan Yogurt Dan Telur

Yogurt dan telur memiliki kandungan protein yang baik dan dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering. Kombinasi yang dimiliki oleh keduanya bisa membantu menyehatkan dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu siapkan beberapa sendok yogurt murni mencampurkan ke dalam telur. Oleskan bahan yang telah dicampurkan ke kulit wajah dan pijat secara perlahan.

Biarkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

9. Krim Susu

Krim susu memang sudah sejak lama digunakan untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk mengatasi masalah kulit kering. Caranya sangat mudah, cukup mengaplikasikan krim susu segar pada wajah setiap hari pada wajah.

Langkah tersebut akan membantu melembapkan kulit dan kulit kering pun teratasi.

10. Tidak Berlebihan Menggunakan Obat Jerawat

Menggunakan obat jerawat memang efektif mengobati jerawat pada wajah. Akan tetapi, obat tersebut menimbulkan tertentu seperti membuat kulit menjadi mengelupas.

Itulah 10 tips perawatan kulit kering. Tidak hanya itu, menjaga kesehatan serta selalu mengonsumsi makanan yang sehat adalah cara yang sangat ampuh untuk merawat kulit bermasalah. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik untuk diri kita.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan