10 Sayuran Yang Tinggi Serat Yang Baik Untuk Kesehatan

10 Sayuran Yang Tinggi Serat Yang Baik Untuk Kesehatan

Setiap kita tentu senantiasa ingin memiliki kesehatan yang baik. Hidup yang sehat dapat dimiliki dengan rutin mengonsumsi sayuran yang tinggi serat. Sayuran dengan kandungan serat tinggi tidak dapat dicerna dan diserap engan baik oleh tubuh sehingga hanya menghasilkan kalori yang sedikit untuk tubuh.

Meski menghasilkan kalori dan energi sedikit bagi tubuh, namun sayuran yang kaya serat sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Selain itu dengan mengonsumsi sayuran tinggi serat akan membantu seseorang terhindar dari penyakit kurang serat.

Beberapa sayuran tinggi serat diantaranya :

1. Pare

Tak disangkan ternyata sayuran yang memiliki rasa pahit ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Sebagian besar orang mungkin tidak senang dengan sayuran yang satu ini karena rasa pahit yang dimilikinya,.

Namun alangkah baiknya jika anda mulai mencoba untuk mengonsumsi pare secara rutin untuk memenuhi kebutuhan serat. Selain itu pare juga kerap digunakan sebagai penyeimbang kadar gula darah di dalam tubuh seseorang.

2. Mentimun

Salah satu sayuran yang tinggi serat yang baik untuk kesehatan memiliki warna hijau muda dan pekat. Di dalam sayur mentimun terdapat kandungan serat yang cukup tinggi dan air sejumlah 90 persen.

Pada saat mengonsumsi mentimun disarankan untuk jangan mengupas bagian kulit karena bagian tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi dan baik untuk kesehatan.

3. Bayam

Sayuran hijau seringkali dibenci oleh beberapa orang. Namun nyatanya justru di dalam sayuran hijau terkandung serat yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh. Selain kaya serat, di dalam bayam juga terkandung vitamin, antioksidan dan mineral penting bagi tubuh.

FibreFirst merupakan suplemen kaya serat dan nutrisi dengan ekstrak sayuran dan buah. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dan detoksifikasi tubuh kamu.

4. Wortel

Sayuran berwarna orange ini termasuk dalam salah satu sayuran yang dibenci oleh anak – anak. Namun ibu harus mulai membiasakannya untuk memakan sayuran wortel ini karena wortel kaya akan serat jika dibanding sayur lain yaitu sebanyak 4 gram setiap 100 gram nya.

Wortel dapat dikonsumsi secara mentah atau diolah terlebih dahulu sesuai selera. Tak hanya serat, kandungan vitamin C dalam wortel juga bagus untuk kesehatan tubuh seseorang.

5. Brokoli

Sayuran yang satu ini menjadi salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi. Brokoli memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah namun kaya akan mineral, serat dan vitamin. Brokoli dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah maupun dimasak setengah matang menjadi salad.

6. Buncis

Buncis adalah sayuran yang kaya akan serat dan rendah lemak sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk anda yang sedang diet atau memulai hidup sehat. Dalam setiap sayuran buncis terkandung 1,2 gram setiap 100 gramnya.

7. Kembang Kol

Diantara banyak sayuran, kembang kol termasuk sayuran yang rendah lemak namun kaya akan serat, asam folat serta vitamin C yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Mulailah untuk mengonsumsi sayuran kembang kol sebagai salah satu asupan nutrisi.

8. Kentang

Kandungan serat yang tinggi dari sayuran kentang biasa digunakan untuk diet beberapa orang. Dalam kentang terdapat 3 gram serat dalam setiap 100 gramnya. Untuk mencukupi kebutuhan serat anda dapat mengonsumsi kentang secara rutin.

9. Seledri

Daun seledri yang biasa ditambahkan sebagai bahan tambahan dalam makanan ternyata kaya akan serat dan berfungsi untuk memperlambat proses penuaan sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh orang – orang yang sudah lanjut usia.

10. Kangkung

Di dalam kangkung terdapat kandungan serat sebanyak 2,0 gram dalam setiap 100 gramnya. Sayuran yang satu ini dapat diolah menjadi masakan apapun,sehingga anda tidak akan bosan untuk mengonsumsinya demi memenuhi kebutuhan serat sehari – harinya.

11. Selada

Daun selada memiliki rasa yang nikmat saat dikonsumsi dalam keadaan yang masih segar. Selada biasa digunakan sebagai campuran dalam salad. Di dalam selada terdapat kandungan serat yang cukup untuk memenuhi kesehatan tubuh yaitu sebanyak 0,6 gram per 100 gramnya.

11 Sayuran yang tinggi serat ini sangat baik untuk kesehatan, terlebih bagi anda yang ingin diet wajib mencoba beberapa sayuran tinggi serat tersebut untuk mempercepat proses penurunan berat badan. Cobalah untuk mulai suka mengonsumsi sayuran karena sangat menyehatkan tubuh. Selamat mencoba!.

Artikel Kesehatan | Pola Hidup Sehat - Tips-tips tentang dunia kesehatan