Tips Pola Hidup Sehat untuk Penderita Asam Urat

Pola hidup sehat tetap harus dilakukan pada penderita asam urat agar tidak memperburuk kondisi dan dapat disembuhkan meskipun dalam waktu yang tidak singkat. Namun penyakit asam urat bukanlah penyakit mematikan jika pola hidup sehat tetap dijalankan.

Asam urat memang salah satu gangguan yang daat menghambat aktivitas sehari-hari. Bagaimana tidak, gejala yang terjadi pada asam urat akan mengganggu bagian-bagian tubuh yang paling sering digunakan untuk menunjang aktivitas.

Biasanya gejala yang timbul pada asam urat ini adalah rasa sakit pada pinggang sampai sudah bangun seperti encok, peradangan atau pembengkakan pada bagian kaki atau lutut, peradangan pada lengan dan jari, dan lain sebagainya.

Tahukah Anda bahwa Asam urat rata-rata menyerang pada bagian kaki, lutut atau siku? ya hal itu memang benar karena pada bagian itu adalah bagian yang memiliki suhu paling rendah dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Untuk itulah biasanya bagi penderita asam urat sangat disarankan untuk menjalankan terapi hangat pada bagian-bagian tersebut.

Pola hidup sehat bagi penderita asam urat harus dilakukan secara terus menerus agar selain menjalankan pola hidup sehat itu akan mencegah masuknya penyakit lain, juga dapat menyembuhkan asam urat itu sendiri tergantung pola hidup sehat yang dijalankan.

Berikut beberapa saran pola hidup sehat yang dapat dilakukan bagi penderita asam urat.

Batasi makanan yang berpotensi memperparah kondisi

Ketika Anda konsultasi dengan dokter, biasanya penderita asam urat akan diberikan daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi atau dibatasi. Hal ini harus dijalankan secara disiplin ketat untuk mencegah asupan senyawa purin pada tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung purin tinggi yang tidak boleh dikonsumsi atau dibatasi oleh penderita asam urat diantaranya adalah daging olahan dendeng, abon, kornet, sosis dll. Kemudian berbagai jeroran dan daging udang, kerang dan sejenisnya. Lalu hindari juga makanan yang mengandung ragi, alkohol.

Namun ada juga beberapa makanan yang diperbolehkan namun dibatasi dengan komposisi tertentu seperti daging merah, dafing ayam, tahu dan tempe dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya berapa batas jumlah makanan yang boleh dikonsumsi Anda harus berkonsultasi dengan dokter Ahli.

Jangan pijat bagian tubuh yang mengalami bengkak

Jika terjadi pembengkakan pada area tertentu pada penderita asam urat, hindari pemijatan pada area tersebut karena dapat mengakibatkan peradangan lebih parah dan pembengkakan. Solusinya Anda dapat menggunakan terapi hangat listrik yang banyak dijual di toko-toko. Atau bisa juga dengan merebus air dan dimasukan kedalam botol kaca, kemudian botol tersebut diselimuti kain dan selanjutnya dikompreskan pada area yang bengkak untuk mendapatkan terapi hangat-nya.

Kurangi berat badan

Jika Anda adalah penderita asam urat dan memiliki berat badan yang proporsional, lewatkan bagian ini. Namun jika Anda memiliki berat badan lebih, Anda disarankan melakukan diet untuk mengurangi berat badan. Sebenarnya tidak ada bukti empiris yang menyebutkan bahwa penderita asam urat wajib menurunkan berat badan. Namun demikian pengobatan penderita asam urat yang memiliki berat badan yang proporsional akan lebih mudah dibandingkan dengan yang obesitas.

Olahraga teratur

Olahraga teratur sebenarnya bukan hanya diharuskan bagi penderita asam urat, namun juga bagi semua orang yang sehat. Olahraga teratur akan menjaga badan tetap bugar dan membakar lemak yang akan membatasi berat badan agr proporsional. Selain itu olahraga secara teratur akan mencegah seseorang terkena penyakit.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup merupakan hal yang sangat penting. Bagi penderita asam urat dengan jam tidur yang cukup akan membantu mengistirahatkan bagian sendi dan anggota tubuh yang mengalami pembengkakan atau peradangan. Selain itu tidur yang cukup akan membuat badan dan wajah lebih segar dibandingkan dengan tidur yang kurang.