Rahasia Manfaat Daun Sukun untuk Pengobatan Gagal Ginjal

Pengobatan gagal ginjal memang diderita oleh orang tertentu yang memiliki riwayat penyakit atau bisa diderita oleh orang yang mungkin sebelumnya menjalankan pola hidup yang tidak sehat. Biasanya gejala penyakit ginjal adalah dengan merasakan susah buang air kecil dan disertai dengan rasa sakit.

Namun tahukah anda bahwa daun sukun adalah salah satu daun yang berkhasiat untuk mengobatan gagal ginjal? simak ulasannya berikut ini.

Ketika seseorang sudah divonis dokter mengalami gangguan gagal ginjal, maka dapat dikatakan bahwa ginjal orang tersebut 90% mengalami disfungsi. oenyakit ginjal memang berbahaya jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. 

Organ ginjal yang sudah tidak berfungsi mengharuskan seseorang yang menderita penyakit ini mencari donor ginjal untuk menggantikan ginjal yang sudah rusak tadi dengan ginjal baru dari pendonor yang sehat. Hal ini tentu membutuhkan biaya yang sangat mahal. Namun jaman sekarang ini banyak orang yang memilih pengobatan tradisional, atau mengkombinasikan oabt dari dokter dengan pengobatan tradisional.

Daun sukun merupakan salah satu daun yang menurut beberapa penelitian para ahli disebutkan bahwa daun ini memiliki kandungan tertentu yang dapat membantu memulihkan kondisi ginjal yang terganggu. Daun sukun selain merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat, juga dapat ditemui dengan relatif mudah.

Pada daun sukun terdapat kandungan seperti polifenol, asam hidrosinat, senyawa ortoindonesionin,tannin, quercetin dan lain-lain. Hampir semua senyawa tersebut adalah turunan dari flavonoid yang berfungsi efektif sebagai antioksidan. Yang mana antioksidan ini sangat berguna untuk tubuh dalam melawan radikal bebas.

Namun ketika menjalankan mengobatan tradisional, alangkah baiknya menjalani pengobatan medis terlebih dahulu, kemudian disertai dengan mengobatan tradisional yang salah satunya adalah dengan menggunakan daun sukun ini.

Daun sukun bukan hanya untuk pengobatan gangguan gagal ginjal

Daun sukun memang sudah ada penelitiannya salah satunya adalah peneliti dari Cina, bahkan kabarnya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sudah melakukan penelitian akan hal ini. Banyak kandungan senyawa yang terdapat pada daun sukun dapat membantu pengobatan gagal ginjal, yang mana biasanya pada proses kerja senyawa yang terdapat pada daun sukun akan membantu membawa endapan-endapan yang terdapat pada ginjal dan menyalurkannya melalui urin.

Namun demikian sebenarnya daun sukun nyatanya tidak hanya bermanfaat untuk pengobatan ginjal saja, namun ternyata bermanfaat juga untuk pengobatan asam urat, dan membantu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Sehingga selain bagus untuk diminum untuk penderita gangguan gagal ginjal, juga bagus untuk diminum pada orang yang normal untuk menjaga pola hidup sehat secara berkesinambungan.

Cara mengolah daun sukun untuk pengobatan gagal ginjal

Cara mengolah daun sukun untuk membantu pengobatan gagal ginjal sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan 10 lembar daun sukun segar yang masih berwarna hijau. Kemudian setelah itu cuci dengan air bersih. Setelah itu rebus daun sukun yang telah dibersihkan tadi dengan air secukupnya, lama waktu perebusan antara 20 hingga 40 menit.

Setelah direbuskan, godok atau diamkan air rebusan tersebut sampai air yang tadinya mendidih menjadi hangat yang siap untuk diminum. Selanjutnya air rebusan daun sukun tersebut diminum sebanyak 2 gelas setiap harinya antara pagi hari dan malam hari.

Jika air rebusan yang dibuat tidak habis dalam satu hari, maka air rebusan tersebut usahakan jangan diminum lagi esok harinya dan buatlah air rebusan daun sukun yang baru. Karena dihkawatirkan jika sudah lewat dari satu hari, air rebusan daun sukun akan menjadi bari dan berkurang khasiatnya.

Dengan meminum rebusan daun sukun secara rutin dan ditunjang dengan tenaga medis dari dokter diharapkan akan membantu mengobat gangguan gagal ginjal yang diderita. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.