Pengertian Penyakit Maag Secara Umum dan Jenis Penyakit Maag

Apa sebenarnya pengertian penyakit maag? Penyakit maag memang tidak semua orang mengalaminya. Namun ketika seseorang sudah terkena penyakit maag, akan cukup mengganggu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Karena sebetulnya penyakit maag ini terbagi lagi menjadi beberapa kategori.

Secara umum, penyakit maag adalah sebuah penyakit yang disebabkan adanya luka pada lambung. Luka pada lambung ini disebabkan karena adanya zat asam yang terlalu banyak atau meningkat karena hal-hal tertentu.

Secara medis, penyakit maag atau sakit maag disebut dengan indigestion atau dispesia. Sebenarnya pengertian sakit maag secara medis merupakan penggambaran rasa nyeri yang berasal dari organ lambung terutama, kemudian usus halus dan kerongkongan.

Memang penyakit maag pada dasarnya adalah adanya luka pada lambung akibat meningkatnya asam lambung. Namun ada beberapa menyebab yang mengakibatkan meningkatnya asam lambung tersebut, diantaranya adalah akibat dari infeksi bakteri yang disebut dengan Helicobacter pylori, dan tukak lambung. Selain itu stress dan penggunaan obat secara berlebihan juga dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya sakit maag.pengertian penyakit maag

Lambung sacara alamu akan mengeluarkan asam lambung secukupnya untuk membantu proses pencernaan makanan. Akan tetapi ada kalanya ketika asupan makanan yang masuk ke lambung tidak teratur, maka akan terjadi pengendapan asam lambung pada dinding lambung dan akhirnya terjadi peradanagan.

Pernahkan Anda mendengar Asam lambung akut? ketika terjadi ketidakteraturan asupan makanan yang masuk pada lambung dan hal ini berlangsung secara terus-menerus akhirnya akan mengakibatkan penyakit maag akut. Ketika hal ini terjadi, gejala yang ditimbulkan antara lain mengalami mual yang sangat, bahkan terjadi muntah-muntah dan sakit pada bagian sekitar perut atas.


Pengertian penyakit maag menurut jenisnya

Di Indonesia, penyakit maag merupakan hal lazim terjadi, namun untuk penyakit maag akut atau penyakit maag yang berat memang tidak semua orang mengalaminya. Jika ditinjau dari jenisnya, penyakit maag terbagi menjadi dua, yaitu penyakit maag akut dan penyakit maag kronis, yang pengertian penyakit maag keduanya akan dijelaskan sebagai berikut.

1.  Penyakit Maag Akut

Penyakit maag akut adalah penyakit maag yang mana terjadi peradangan pada bagian dinding lambung yang sifatnya sudah berat atau akut. Hal ini ditandai dengan adanya pengikisan bagian dinding lambung akibat penumpukan zat asam lambung yang berlebihan. Disebut penyakit maag akut karena sifat peradangannya yang memang sudah merusak dinding lambung dan menimbulkan rasa nyeri yang cukup hebat.

2. Penyakit Maag Kronis

Penyakit maag kronis pada dasarnya hampir sama dengan maag akut. Yaitu penyakit maag yang mana terdapat peradangan pada dinding lambung yang dapat menyebar hingga ke bagian seluruh dinding lambung. Namun pada maag kronis dapat terjadi dalam periode yang cukup lama atau berulang-ulang.

Pada maag kronis biasanya peradangan terjadi secara perlahan-lahan dalam jangka waktu tertentu hingga akhirnya menjadi bertambah parah. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya maag kronis, diantaranya adalah karena sering meminum minuman beralkohol, sering mengkonsumsi obat-obatan kimia dan makan yang tidak teratur.

Sebagian besar dari masyarakat di Indonesia menganggap penyakit maag adalah hal yang kecil dan tidak perlu berobat ke dokter, karena memang orang yang tersebut memiliki penyakit maag yang mungkin bisa dikategorikan ringan. Namun sebetulnya meskipun gejala maag masih ringan perlu dikonsultasikan dengan dokter untuk menghindari kambung yang berulang dan menjadi tambah parah.

Akan tetapi ketika gejala maag ringan sudah muncul, pada umumnya dapat dilakukan pengobatan dini dengan cara meminum obat maag yang banyak dijual di warung-warung dan menjalankan pola hidup sehat seperti makan yang teratur dan kurangi meminum obat-obatan kimia. Selain beresiko ketergantungan, tentu akan menyebabkan peradangan pada lambung. Demikian penjelasan mengenai pengertian penyakit maag secara umum.