Pengertian dan Perbedaan Gagal Ginjal Akut dengan Gagal Ginjal Kronik

Gagal ginjal merupakan suatu penyakit yang mana terdapat bagian ginjal yang tidak berfungsi secara normal. Organ ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting untuk menyaring zat sisa metabolisme dalam tubuh yang selanjutnya dibuang melalui saluran kemih.

Secara umum gangguan ginjal terbagi menjadi dua, yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik. kedua jenis gagal ginjal ini sama-sama memiliki efek yang sangat berbahaya. Seseorang bisa terjangkit gagal ginjal memiliki banyak penyebab, salah satunya adalah kurangnya cairan atau darah.

Penyebab detil seseorang terkena gagal ginjal tidak secara spesifik dapat ditentukan karena ada banyak faktor antara lain pernah mengalami pendarahan hebat saat melahirkan, atau sering mengalami diare yang hebat sehingga dalam jangka waktu lama ginjalnya menjadi terganggu. Kurang minum air putih juga dapat menjadi penyebab gangguan ginjal meskipun resikonya lebih kecil.

Gejala gagal ginjal akut

Gagal ginjal akut disebut juga dengan cedera ginjal akut. Yang mana kondisi gagal ginjal seperti ini disebabkan karena terganggunya aliran darah pada ginjal atau bisa juga karena kerja ginjal yang sering berlebihan akibat terlalu banyak racun yang perlu disaring oleh ginjal.

Gagal ginjal akut terjadi karena seseorang yang sering meminum minuman yang tidak sehat, seperti minuman beralkohol, bersoda dan lain-lain. Atau bisa juga akibat kecelakaan dan menimbulkan beberapa faktor komplikasi pada ginjal sehingga kinerjanya terganggu.

Sebenarnya penyebab seseorang terkena gagal ginjal akut tidak bisa dijelaskan secara spesifik karena disebabkan banyak faktor dan kondisi daya tahan tubuh dari si penderita tersebut. Namun kebanyakan diantaranya adalah kurangnya menjalankan pola hidup sehat.

Selain penyebabnya adalah kecelakaan dan banyak meminum minuman yang tidak sehat, sering mengkonsumsi obat-obatan kimia dengan dosis keras juga menjadi salah satu penyebab gagal ginjal akut.

Beberapa gejala gagal ginjal akut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menimbulkan rasa haus berlebih
  • Bibir kering
  • Rasa nyeri yang cukup hebat di perut bagian bawah tetapi bukan seperti diare
  • Susah buang air kecil dan rasa perih ketika buang air kecil

Gejala gagal ginjal kronik

Pada dasarnya penyakit gagal ginjal kronik hampir sama dengan gagal ginjal akut. Namun yang membedakannya adalah penyebabnya. Pada Penyakit gagal ginjal kronik biasanya akan terjadi penurunan fungsi ginjal yang berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama dan akhirnya sampai ginjal menjadi kehilangan fungsi sama sekali. Jangka waktu ini tidak menentu tergantung dari kondisi si penderia, bisa berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Orang yang terkena gagal ginjal kronik biasanya karena faktor genetik atau mempunyai riwayat keluarga penyakit. Namun hal ini juga dapat dipengaruhi oleh karena penggunaan obat kimia yang berlebihan seperti ibuprofen, aspirin dan paracetamol dapat menyebabkan gagal ginjal kronik.

Beberapa gejala-gejala ketika seseorang terkena penyakit gagal ginjal adalah sebagai berikut:

  • Sering sesak nafas namun bukan karena asma
  • Letih lesu dan kurang darah
  • Terjadi pembengkakan di bagian tubuh tertentu karena terjadi penumpukan cairan
  • Terdapat rasa mual, muntah-muntah, dan kadar urea dalam darah terjadi peningkatan yang tidak normal

Penyebab gagal ginjal akut dan kronik

Secara singkat, penyebab gagal ginjal akut dapat terjadi karena adanya gangguan ginjal yang disebabkan oleh cedera, atau pasca operasi, atau karena penggunaan obat-obatan kimia yang berlebihan. Kurang minum air putih juga dapat meningkatkan resiko gagal ginjal akut. Secara umum gagal ginjal akut dapat disembuhkan dengan cara medis tertentu.

Berbeda dengan penyebab gagal ginjal kronik. Biasanya pada gagal ginjal kronik disebabkan karena riwayat penyakit sebelumnya seperti tekanan darah tinggi atau diabetes yang dalam jangka waktu akan semakin membuat ginjal mengalami penurunan fungsi dan akhirnya kehilangan fungsi sama sekali.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan perbedaan gagal ginjal akut dengan gagal ginjal kronik.