Manfaat getah jarak untuk pengobatan tradisional

Tanaman jarak adalah salah satu tanaman liar yang dapat tumbuh di sekitar pekarangan rumah. Yang tidak mengetahui khasiat dari getah jarak ini mungkin akan diabaikan bahkan dibuang. Tahukan anda tanaman jarak adalah salah satu tanaman apotek hidup sebagai bahan pengobatan tradisional yang efektif.

Getah jarak secara bahasa ilmiah disebut juga dengan Jatropa Curcas. Getah jarak ini dipercaya sejak nenek moyang menjadi salah satu tanaman obat tradisional yang efektif dalam menyembuhkan luka, sakit gigi, dan sariawan.

Jika anda melihat tanaman jarak disekitar halaman rumah Anda, ada baiknya tidak membuang semua tanaman tersebut. Ketika Anda mengalami luka luar atau sariawan, bahkan sakit gigi. Tanaman jarak yang sekilas terlihat tidak berguna dapat membantu anda bahkan sembuh tanpa perlu pergi ke dokter.

Menyembuhkan luka luar

Getah jarak masih dijadikan tanaman obat tradisional yang dipercaya secara turun-temurun sejak dulu. Getah jarak efektif membantu menyembuhkan luka luar, baik itu karena luka sayatan maupun luka karena jatuh yang menyebabkan pendarahan luar.

Getah jarak memiliki sifat alami yang dapat menghambat dan menghentikan pendarahan akibat luka. Sehingga luka akan menjadi cepat kering. Namun penggunaan getah jarak dapat dilakukan untuk penanganan luka luar ringan hingga sedang. Untuk pendarahan luka luar yang cukup berat harus ditangani khsus oleh dokter.

Cara penggunaan getah jarak sangat mudah. Yaitu cukup bersihkan terlebih dahulu bagian yang luka dengan air bersih. Disarankan dibersihkan dengan air bersih yang mengalir. Kemudian usap atau kompress getah jarak yang sudah diteteskan pada kapas pada bagian yang luka selama beberapa saat hingga dirasa pendarahan pada luka sudah berhenti.


Manfaat getah jarak untuk mengobati sakit gigi

Sakit gigi dapat terjadi karena beberapa sebab, diantaranya adalah gusi bengkak, gigi goyah, ataupun gigi berlubang. Kasus gigi berlubang memiliki kasus paling banyak dalam sakit gigi. Ketika sedang mengalami sakit gigi, Anda dapat melakukan tindakan pertama sebelum pergi ke dokter gigi dengan memanfaatkan getah jarak sebagai obat tradisional yang ampuh.

Caranya cukup mudah. Yaitu dengan memetik daun atau batang tanaman jarak, kemudian diteteskan getah tersebut pada gigi yang sakit. Jika sakit gigi akibat gigi berlubang, teteskan getah jarak pada lubang gigi tersebut.

Cara lain untuk pengobatan sakit gigi adalah dengan meneteskan getah jarak pada secuil kapas bersih dan di masukan pada lubang gigi yang sedang mengalami sakit. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga reaksi getah jarak bekerja, maka sakit gigi akan berkurang.

Untuk menjaga gigi tetap sehat, tetap harus pergi ke dokter gigi untuk diperiksa secara intens, karena penggunaan getah jarak hanya bersifat sementara saja untuk menghilangkan rasa sakit, bukan mengobati akar yang menyebabkan sakit gigi tersebut. Misalnya pada gigi berlubang harus dilakukan tindakan penambalan yang dilakukan oleh dokter ahli gigi.

Manfaat getah jarak untuk menyembuhkan sariawan

Sariawan adalah gangguan yang terjadi pada mulut yang sudah biasa terjadi pada setiap orang. Penyebab sariawan ini bermacam-macam misalnya kekurangan vitamin C, panas dalam, bahkan bagian mulut tertentu seperti lidah yang tergigit dapat memicu sariawan.

Ternyata getah jarak dapat membantu menyembuhkan gangguan sariawan. Caranya adalah dengan meneteskan getah jarak pada seutas kapas dan ditempelkan pada bagian mulut yang sariawan. Setelah itu berkumurlah dengan air yang bersih. Anda dapat mengulangi proses ini selama beberapa hari hingga kondisi membaik.

Demikian penjelasan mengenai manfaat getah jarak yang sering dipakai untuk pengobatan tradisional yang mudah, murah namun efektif.