Makanan untuk Penyakit Jantung yang Paling Tepat Dikonsumsi

Secara umum penyakit jantung adalah adanya gangguan kinerja yang terjadi pada jantung dalam menjalankan fungsinya, yaitu memompa darah ke seluruh tubuh. Ada berbagai jenis penyakit jantung, namun pada dasarnya adalah terhentinya aliran darah sesaat karena kinerja jantung yang terganggu.

Resiko yang lazim terjadi ketika kinerja jantung tidak beroperasi adalah kematian secara mendadak. Penyakit jantung juga dikenal sebagai salah satu penyakit yang paling mematikan yang sudah membunuh jutaan orang di dunia.

Penyebab penyakit jantung pada umumnya adalah kurang menjalankan pola hidup sehat, atau memang penyakit bawaan. Ketika seseorang yang sudah terjangkit peyakit jantung, banyak tuntutan yang harus dilakukan dalam menjalanan pola hidup sehat salah satunya adalah wajib mengkonsumsi makanan untuk penyakit jantung atau “ramah” jantung.

Makanan untuk penyakit jantung yang paling tepat: Harus mengandung Fitonutrien

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan mematikan bagi orang yang menderitanya. Oleh karena itu ketika seseorang yang sudah terkena penyakit jantung harus menjalani pola hidup sehat total dan tentunya harus mengkonsumsi makanan yang “ramah” jantung.

Makanan yang disebut sebagai ramah jantung adalah makanan yang didalamnya terkandung zat yang dapat menguatkan kinerja jantung dan menghambat pertubuhan sel-sel yang berbahaya.

Salah satu yang wajib dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung adalah makanan yang mengandung fitonutrien. senyawa fitonutrin ini banyak terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan tertentu. Selain itu senyawa ini juga dapat mengurangi resiko pertumbuhan jaur, dan bakteri lainnya yang dapat membahayakan jantung.

Makanan sehat untuk jantung: Kacang Merah

Kacang merah adalah salah satu makanan yang mudah dan sering dijumpai di kehidupan sehari-hari. Pada kacang merah terdapat kandungan serat yang baik bagi tubuh. Namun daripada itu kacang merah terdapat kandungan fitonutrien yang bagus untuk kesehatan jantung.

Sebenarnya manfaat kacang merah selain sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung, juga terdapat zat antioksidan yang dapat mengurangi paparan radikal bebas yang terkenal sebagai salah satu penyebab tumbuhnya sel kanker.

Konsumsi buah apel lebih sering

Salah satu buah yang paling baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakti jantung adalah buah apel. Buah apel merupakan buah yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Meskipun hanya mencegah, namun buah ni juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung.


Dari berbagai literatur penelitian ditemukan bahwa manfaat buah apel ternyata efektif dalam mencegah kelebihan gula darah dan dapat menekan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu buah apel juga mengandung zat fitonutrien seperti halnya pada kacang merah.

Namun sejatinya buah apel bagus untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung, bukan berarti hanya buah apel yang dikonsumsi setiap harinya. Hampir semua buah-buahan ada dasarnya baik untuk kesehatan asalkan dalam jumlah yang wajar.

Perbanyak sayuran kubis

Tahukah Anda bahwa sayur kubis ternyata berperan cukup efektif dalam menyehatkan jantung. Karena didalam kubis banyak kandungan seperti vitamin C, Kalsium, Vitamin A dan zat besi. Hal ini dapat menyehatkan jantung secara umum. Bagi penderita penyakit jantung, mengkonsumsi sayur kubis adalah direkomendasikan.

Dilema Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, namun harus dalam kadar yang semestinya. Karena jika mengkonsumsi teh hijau terlalu banyak dapat menimbulkan beberapa efek samping yang perlu dipertimbangkan.

Di dalam teh hijau mengandung senyawa yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung jika dikonsumsi setiap hari. Hal ini pernah dilakukan oleh seorang ahli dari Jepang yang dalam hasil penelitiannya menyebutkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi teh hijau setiap hari, memiliki resiko 25 persen lebih rendah terhadap penyakit jantung.

Ketika Anda ingin mengkonsumsi teh hijau setiap hari, disarankan agar diseimbangkan dengan meminum air putih yang cukup. Jangan sampai Anda mengkonsumsi air teh hijau lebih banyak daripada mengkonsumsi air putih.

Ketika seseorang berlebihan mengkonsumsi air teh hijau akan lebih tinggi beresiko terkena penyakit batu ginjal. Oleh karena itu Anda harus behati-hati jika mengkonsumsi air teh hijau terlalu banyak. Sebetulnya mengkonsumsi air teh banyak pun tidak masalah selama diimbangi dengan meminum air putih yang cukup. Misalnya jika Anda mengkonsumsi air teh hijau 2 gelas sehari, imbangi dengan meminum air putih sebanyak 6 sampai 7 gelas per hari.

Biji-bijian utuh membantu mengurangi resiko penyakit jantung

Biji-bijian utuh memang baik untuk kesehatan. Bukan hanya untuk penyakit jantung, namun untuk orang yang sehat pun mengkonsumsi biji-bijian ituh adalah hal yang baik. Selain kaya akan serat, juga dapat membantu mengurangi resiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Biji-bijian utuh dapat dengan mudah Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah gandum dan jagung. Didalam gandum dan jagung banyak mengandung serat, zinc vitamin B dan magnesium.

Selain dengan mengkonsumsi makanan untuk penyakit jantung yang tepat, berolahraga secara rutin akan membantu menyegarkan kinerja jantung dalam memompa darah.