Khasiat getah jarak untuk meredakan sakit gigi

Tanaman jarak merupakan salah satu tanaman yang berkhasiat sebagai obat tradisional untuk membantu mengatasi berbagai gangguan seperti gangguan pencernaan, mengurangi berbagai rasa sakit termasuk salah satunya adalah untuk meredakan sakit gigi.

Khusus untuk meredakan sakit gigi, biasanya tanaman jarak diambil dari getahnya. Caranya pun cukup mudah. Ketika gigi sedang sakit, terutama pada sakit gigi yang berlubang, cukup dengan menteteskan satu sampai dua tetes getah jarak pada lubang gigi yang sakit.

Menurut beberapa penelitian yang sudah ada, terdapat fakta bahwa getah jarak ini terdapat senyawa yang dapat membantu meredakan nyeri pada gigi. Namun menurut beberapa dokter tidak menyarankan untuk meneteskan langsung getah jarak segar pada bagian gigi yang sakit. Ini karena kita tidak mengetahui seberapa besar dosis pada getah jarak tersebut ketika diteteskan pada bagian gigi.

Saat ini sudah tersedia beberapa produk ekstrak getah jarak untuk meredakan sakit gigi yang diproduksi secara fabrikasi. Menggunakan ekstrak getah jarak yang sudah ada pada produk fabrikasi ini lebih dianjurkan karena memiliki takaran dan dosis yang lebih terukur.

Apakah ada efek samping ketika menggunakan getah jarak sebagai pereda sakit gigi? tentu ada. Akan tetapi pada prinsipnya getah jarak hanyalah membantu meredakan sakit pada gigi, tidak akan mengatasi akar permasalahan yang menyebabkan gigi sakit, yang mana penanganan penyebab dari sumber utama yang menyebabkan sakit gigi harus ditangani oleh dokter gigi.

Efek samping getah jarak sebagai pereda sakit gigi

Getah jarak dapat dikeluarkan dari tanaman jarak melalui tangkainya. Sebenarnya tanaman jarak ini sudah ada sejak zaman penjajahan jepang. Bahkan pada waktu zaman penjajahan jepang, seluruh warga indonesia yang dikuasai diwajibkan untuk menanam tanaman jarak pagar ini. Pasalnya pada waktu itu tanaman jarak lebih dimanfaatkan untuk pembuatan bahan bakar diesel, atau pada saat ini disebut dengan biodiesel yang diambil dari biji jarak.


Sebenarnya khasiat tanaman jarak bukan untuk sakit gigi saja, melainkan dapat digunakan sebagai obat luka bakar, wasir, sengatan tawon dan lain-lain.

Seperti kita tahu bahwa khasiat getah jarak untuk meredakan sakit gigi memang tidak diragukan lagi. Namun ternyata getah jarak ketika digunakan sebagai pereda sakit gigi menimbulkan efek samping. Seperti apakah efek sampingnya?

Ada beberapa artikel tentang pengakuan seorang dokter yang didapatkan dari pasiennya yang sedang berobat mengenai sakit gigi. Pasien tersebut mengalami sakit gigi yang hebat namun dapat diredakan dengan menggunakan getah jarak yang diteteskan langsung pada gigi yang berlubang.

Namun ketika gigi pasien tersebut diperiksa oleh dokter. Ditemukan bahwa gigi yang diobati oleh getah jarak tersebut mengalami keropos yang cukup hebat. Tidak heran jika sebagian orang menyarankan agar berhari-hati ketika menggunakan getah jarak untuk pereda saki gigi agar tidak terkena gigi yang masih bagus di sebelah gigi yang sakit, mungkin karena efek samping getah jarak tersebut.

Hasil penelitian beberapa para ahli yang meneliti getah jarak ini menunjukan bahwa pada kandungan getah jarak mengandung zat antimikroba yang bisa menekan bakteri staphylococcus, streptococcus dan Escherechia coli. Selain itu beberapa penelitian lain menguak fakta bahwa ternyata selain ampuh sebagai pereda sakit gigi, getah jarak dapat mengikis lapisan email gigi dan dapat menyebabkan keropos.

Demikian penjelasan khasiat getah jarak sebagai pereda sakit gigi dan efek samping yang ditumbulkannya. semoga bermanfaat.