Inilah Klasifikasi Daun Alpukat yang Perlu Anda Ketahui

Alpukat merupakan salah satu jenis tanaman buah yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Tumbuhan yang menurut asal mulanya berasal dari negeri Meksiko, dari benua Amerika Tengah sekarang sedang bayak dibudidayakan oleh masyarakat. Bahkan semua orang diseluruh penjuru dunia kini telah berlomba membudidayakan tanaman alpukat ini.

Buahnya yang lezat dan banyak mengandung kadar asam folat yang sangat baik untuk seorang ibu yang sedang hamil yang menginginkan sang janin lahir dalam keadaan yang sehat dan memiliki IQ  yang cukup cerdas sejak masih berada di dalam kandungan.

Tanaman buah jenis tropis ini di wilayah Indonesia sudah ditemukan semenjak tahun 1877-an, yang keberadaannya di Indonesia berawal oleh orang Belanda yang telahmwmbawa buah alpukat dan telah mereka tanam untuk yang pertama kalinya di kebun Raya Bogor, tanaman alpukat ini mempunyai nama latin yaitu Persea Americana.

Nama alpukat itu sendiri dalam bahasa Inggris telah disebut avocado, yang menjadi nama dari tanaman ini sebenarnya berasal dari bahasa Aztek yaitu ahuacalt yang memiliki arti pahit.

Baiklah dari tadi kita bicara soal alpukat kali ini kami akan membahas klasifikasi daun alpukat, dengan berdasarkan sistem klasifikasi dalam makhluk hidup,  berikut ini klasifikasi daun alpukat :

Anak devisi : Angiospermae
Devisi : Spermatophyta
Kelas : Dicotyledoneae
Bangsa : Renales
Keluarga : Lauraceae
Marga : Persea
Varietas : Persea Americana Mill

Sedangkan berdasarkan dari sifat ekologis, tanaman alpukat mempunyai sebanyak 3 tipe keturunan atau ras, yaitu :

Ras Meksiko

Yang berasal dari suatu dataran tinggi negara Meksiko yang mempunyai iklim semi tropis dengan ketinggian yang mencapai sekitar 2400-2800 m dpl, jenis ras ini mempunyai bentuk daun dan buah yang berbau adas, ras buah alpukat meksiko ini  berukuran kecil dan mempunyai berat 100-225 gram, bentuknya oval dan mempunyai buah alpukat memiliki tangkai yang pendek dan memiliki kulit yang tipis dan kandungan buah yang mempunyai kadar minyak  atau lemak paling tinggi, buah alpukat ras Meksiko ini cukup tahan terhadap suhu yang dingin.

Ras Guatemal

Tipe tanaman ini berasal dari dataran tinggi negara Amerika Tengah yang beriklim sub tropis, yang memiliki ketinggian antara 800 sampai 2400 m dpl, ras tipe ini kurang tahan terhadap suhu dingin dan memiliki bentuk daun yang tidak berbau adas, ukuran buahnya cukup besar yang berat buahnya sekitar 200-2300 gram, memiliki kulit buah yang cukup tebal dan keras, serta mudah rusak dan keras, biji yang didalamnya relatif mempunyai ukuran yang kecil dan menempel cukup erat didalam rongga dengan kulit biji yang melekat, pada daging buahnya mempunyai kadar minyak yang sedang.

Ras Hindia – Barat

Yang berasal dari dataran rendah Amerika Tengah dan juga dari Amerika Selatan yang mempunyai iklim tropis, dengan ketinggian yang berkisar sekitar 800 m dpl, Varietas yang dimiliki sangat peka terhadap suhu yang rendah dengan toleransi sampai dengan min 2 derajat C, ras jenis ini mempunyai jenis daun yang berbau adas, dengan warna daun yang lebih terang dari pada ras yang lainnya.

Ukuran buahnya cukup besar dengan berat sekitar 400 sampi dengan 2300 gram, mempunyai tangkai yang cukup pendek, dengan kulit buah yang licin serta agak liat dan tebal, ukuran biji yang besar dan sering lepas di dalam rongga dan keping biji yang cukup kasar, serta memiliki kandungan kadar minyak yang dimiliki daging buah paling rendah daripada ras yang lainnya.

Seperti itulah klasifikasi yang terkandung pada tanaman buah alpukat, semoga artikel tentang Klasifikasi buah alpukat ini bermanfaat bagi anda yang telah membacanya, kunjungi terus website kami untuk memperoleh informasi mengenai manfaat buah yang lain untuk menambah pengetahuan dan ilmu anda.