Inilah Gejala Penyakit Maag Ringan hingga yang Paling Berbahaya

Gejala penyakit maag dapat timbul karena disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya adakah sering mengkonsumsi minuman beralkohol, makan yang tidak teratur, atau akibat terlalu sering meminum obat-obatan kimia sehingga mengiritasi dinding lambung.

Pada umumnya gejala penyakit maag yang terjadi di kehidupan masyarakat seringkali akibat dari pola hidup sehat yang tidak dijalankan dengan baik, karena mengkonsumsi makanan yang tidak teratur atau stress bisa jadi salah satu penyebabnya.

Sakit maag terjadi karena terjadi kenaikan jumlah asam lambung yang menyelimuti seluruh dinding lambung. Jika terjadi terus menerus dapat mengakibatkan iritasi pada dinding lambung dan akhirnya timbul rasa nyeri yang tingkatanya tergantung seberapa parah asam lambung mengiritasi dinding lambung.

Gejala penyakit maag bisa mengenai siapa saja, dari anak kecil hingga orang lanjut usia yang berumur lebih dari 50 tahun. Gejala yang ditimbulkannya pun bermacam-macam, dari gejala ringan hingga gejala berat antara lain timbulnya rasa sesak, muntah-muntah hingga keluar darah pada tinja. Ketika gejala maag berat sudah terjadi, maka harus segera ditangani oleh dokter ahli.

gejala penyakit maag

Credit: www.top10homeremedies.com

Gejala-gejala penyakit maag

Hampir semua orang pernah mengalami gangguan pada lambung. Baik itu hanya gejala atau sudah terkena penyakit maag karena tidak langsung ditangani dan dianggap hal spele. Memang kebanyakan kasus sakit maag tidak membutuhkan penanganan dokter, dengan catatan maag yang dialami masih sebatas gejala atau langsung ditangani dengan obat maag yang banyak tersedia di toko-toko obat dengan dosis yang aman.

Namun terkadang pada kasus tertentu ada sebagian orang yang sudah meminum obat maag. Suatu saat gejala maag sering kambuh secara berulang-ulang. Terutama bagi Anda yang berusia 50 tahun keatas atu sudah lanjut usia, memang sebaiknya ketika ada gejala maag yang muncul langsung dikonsultasikan dengan dokter.


Baca juga: Pengertian Penyakit Maag Secara Umum dan Jenis Penyakit Maag

Ada beberapa gejala penyakit maag yang sangat dianjurkan untuk langsung menemui dokter, diantaranya adalah gejala maag yang disertai sering muntah-muntah (bisa muntah biasa atau muntah darah), mengalami penurunan berat badan yagn signifikan, atau mengeluarkan tinja pada saat BAB yang disertai dengan tetesan darah meskipun sedikit. Kesemua gejala tersebut harus diwaspadai dan harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

1. Mual disertai muntah.

Ketika asam lambung naik, biasanya seseorang yang mengalami gejala penyakit maag akan merasakan mual, dan bahkan tidak jarang berakhir dengan muntah yang mengeluarkan cairan kuning atau hijau yang disertai dengan makanan.

2. Perut Kembung.

Ada beberapa akibat yang ditimbulkan dari kenaikan asam lambung dan peradangan pada dinding lambung. Salah satunya adalah perut kembung. Perut kembung bisa jadi merupakan salah satu gejala penyakit maag yang menandakan metabolisme tubuh tidak sempurna.

3. Rasa nyeri pada ulu hati.

4. Refluks.

Refluks merukapan istilah ketika makanan atau cairan yang sudah ada pada lambung naik ke atas hingga ke kerongkongan dan rasanya sangat tidak nyaman.

5. Sering bersendawa

Ketika gejala penyakit maag datang dengan kenaikan asam lambung yang signifikan, maka didalam lambung akan menghasilkan banyak gas, hal ini menyebabkan seseorang yang mengalami gejala maag akan sering bersendawa meskipun tidak sedang memakan banyak makanan dan meminum air.

6. Terkadang perut bagian atas terasa panas

7. Perubahan warna pada BAB

Ketika salah satu pencernaan tidak sempurna. Makan hasilnya dapat terlihat ketika lambung mengalami gejala sakit maag. Yaitu perubahan warna pada feses BAB yang menghitam atau berwarna gelap salah satu ciri-ciri bahwa telah terjadi kelebihan asam lambung pada dinding lambung.

8. Selara makan berkurang 

Seringkali seseorang yang mengalami gejala penyakit maag akan merasakan selera makan berkurang namun perut terasa penuh. Hal ini dikarenakan asam lambung yang naik dan menyebar di sekitar dinging lambung.

Demikian penjelasan mengenai gejala penyakit maag yang sering terjadi di kehidupan masyarakat. penanganan yang tepat terhadap penyakit maag dapat membantu mempercepat penyembuhan.