Ini Dia Tanaman Obat Asam Urat yang Paling Ampuh dan Berkhasiat

Tanaman obat asam urat pada umumnya banyak orang yang tidak tahu. Seringkali penyakit asam urat dicekoki dengan obat yang berbahan kimia yang kita tidak tau efek samping yang ditimbulkannya berbahaya atau tidak.

Sebelum mengkonsumsi obat dari dokter untuk pengobatan asam urat, Anda bisa mencoba dengan pengobata tradisional yang mana tanaman obat asam urat dipercaya secara turun-temurun ampuh dan cukup efektif untuk mengobati asam urat. Atau lebih baik lagi jika Anda mengkonsumsi obat dari dokter dan sambil berjalan mengkonsumsi obat tradisional.

Apa itu Asam Urat?

Asam urat pada dasarnya adalah penyakit yang bisa dibilang berbahaya dan tidak berbahaya tergantung dari tingkat kadar asam urat yang ada pada penderitanya. Biasanya penyakit asam urat ditandai dengan cepat lelah, sakit pinggang hingga susah untuk bergerak atau berjalan, dan sering merasakan seperti kesemutan di area-area tubuh tertentu.

Asam urat secara ilmiah merupakan kandungan asam kristal yang mana kristal ini dihasilkan dari hasil metabolisme purin. Zat purin ini pada dasarnya dihasilkan oleh tubuh manusia mampu sebanyak kurang lebih 85%, sedangkan zat purin yang dibutuhkan tubuh hanya 15% saja.

Kandungan zat purin dalam tubuh tidak boleh berlebihan. Jika berlebihan maka kandungan asam urat akan menumpuk dalam tubuh dan terjadilah penyakit asam urat tersebut. Hal ini disebabkan karena terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan tertentu dalam jangka waktu yang lama, atau tidak teraturnya pola hidup dalam hal mengkonsumsi makanan sehari-hari dan kurangnya berolahraga.

Penyakit asam urat biasanya menyerang pada usia diatas 40 tahun karena pada usia tersebut seseorang pada umumnya akan mengalami penurunan penyerapan fungsi nutrisi pada saluran pencernaannya. Tentu saja hal ini tidaklah sepenuhnya benar tergantung dari seseorang tersebut menjalan pola hidup sehat.

Beberapa tanaman obat asam urat

Pada dasarnya seseorang yang mengkonsumsi makanan tertentu tertentu secara berlebihan tidak serta merta akan langsung terkena asam urat. Namun Asam urat ini datang karena banyak faktor, antara lain karena faktor usia, faktor genetik, gangguan pada ginjal, pengaruh dari penyakit diabetes, atau memang karena terlalu banyak me ngkonsumsi makanan yang banyak pengandung kadar purin.

Berdasarkan berbagai literatur dan peelitian menyebutkan bahwa tanaman tradisional berikut memiliki senyawa aktif yang ampuh untuk mengurangi kadar purin dalam tubuh.

Tanaman Sidaguri

Tidak cukup banyak orang yang mengetahui tanaman yang satu ini. Tanaman sidaguri merupakan tanaman yang biasanya tumbuh di dalam rerumputan liar. Sidaguri juga termasuk jenis tanaman herbal yang mengandung zat yang disebut dengan alkaloid ephedrine yang bersifat diuretik.

Sidaguri secara bahasa ilmiah disebut juga dengan Sida Rhombifolia L. Selain kandungan alkaloid, pada tanaman ini juga terkandung zat seperti kalsium oksalat, saponin, dan asam amino.

Untuk pengobatan asam urat, beberapa lembar tanaman sidaguri dapat direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal tersisa setengahnya. Kemudian air rebusan daun sidaguri ini dapat diminum secara rutin setiap hari antara pagi dan sore hari. Dalam waktu 1 minggu, maka Anda akan merasakan efek yang cukup signifikan bahwa kadar asam urat segera menurun.

Tanaman Sambiloto

Mungkin tanaman ini tidak banyak dari Anda mengetahuinya. Namun jika dicari, tanaman sambiloto ini cukup mudah dicari karena tumbuh pada rerumputan liar. Sambiloto merupakan salah satu tanaman yang dikenal berkhasiat ampuh sebagai anti peradangan dan sebagai penawar berbagai racun.

Pada tanaman sambiloto terdapat beberapa senyawa mineral seperti kalium, kalsium dan natrium. Selain itu pada tanaman ini juga terdapat alkane dan flavonoid serta zat senyawa lainnya. Untuk itulah tanaman sambiloto efektif mengurangi kadar kelebihan rubin dalam tubuh.


Untuk membuat ramuannya sangat mudah. Anda cukup merebus beberapa daun sambiloto secukupnya, dan air rebusannya tersebut diminum secara rutin sampai kadar asam urat dalam tubuh turun.

Daun salam

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan daun salam. Daun salam banyak digunakan sebagai salah satu rempah masakan sebagai penyedap rasa dan menimbulkan rasa wangi pada masakan. Namun jangan salah, daun salam banyak mengandung senyawa yang ternyata dapat mengurangi kadar asam urat yang ada pada tubuh.

Selain dapat mengobati asam urat, daun salam juga dapat mengobati berbagai penyakit lainnya seperti kolesterol, rematik dan darah tinggi. Pada pengaplikasiannya, sama seperti tanaman sambiloto dan sidaguri, 8 hingga 10 lembar daun salam direbus dengan 3 gelas air putih. Setelah mendidih, biarkan dahulu selama kurang lebih 1 jam (digodok). Kemudian airnya diminum secara rutin pagi dan sore hari. Insya Allah kada asam urat akan berangsur berkurang.

Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing didalamnya terkandung senyawa yang disebut dengan orthosiphonin glikosida diuretik. Senyawa ini berguna untuk menekan pengeluaran zar rubin mengelalui urin, dengan demikian kadar asam urat akan berkurang.

Cara mengolahnya, disarankan untuk mencapur daun kumis kucing dengan sepotong kecil jahe merah dan kemudian direbus seperti biasa. Kemudian diminum pada saat pagi dan sore hari.

Temulawak

Temulawak merupakan salah satu rempah yang dikenal dengan banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit dan membantu daya tahan tubuh agar tetap bugar karena didalam temulawak ini terdapat banyak kandungan yang baik untuk kesehatan. Diketahui ternyata dalam temulawak mengandung senyawa yang baik untuk menekan asam urat seperti diuretik dan anti peradangan.

Ramuan temulawak dapat diminum secara teratur dan aman untuk dicampur ramuan lainnya seperti jahe merah untuk mendapatkan sensasi rasa hangat. Cara membuatnya dengan cara direbus dengan air secukupnya dan setelah itu dapat diminum seperti ramuan-ramuan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Tanaman Anting-anting

Tanaman anting-anting ini memang tumbuh di pekarangan liar yang biasanya ditebas untuk dibuang karena dianggap tanaman yang mengganggu. Namun jangan salah ternyata tanaman anting-anting ini merupakan salah satu tanamana yang berkhasiat untuk mengobati asam urat secara tradisional.

Tanaman anting-anting biasa disebut juga dengan tanaman akar kucingan atau tanaman kokosan. Daun anting-anting dapat berfungsi sebagai antibiotik alami dan mencegah peradangan. Di dalam tanaman ini juga terkandung senyawa diuretik. Cara mengolahannya seperti biasa direbus dengan air dan diminum sari-nya.

Demikan penjelasan mengenai tanaman obat asam urat. Bagi anda penderita asam urat dapat mencoba ramuan-ramuan dari tanaman tradisional seperti yang sudah dijelaskan. Namun tetap saja yang paling penting adalah menjalankan pola hidup sehat, yaitu dengan cara mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi dan tidak berlebihan.