Daftar Makanan Rendah Kalori Terbaik untuk Kesehatan

Daftar makanan rendah kalori yang terbaik untuk kesehatan Anda dapat ditemukan pada makanan sehari-hari yang sebenarnya biasa Anda konsumsi. Namun sebagian makanan tertentu yang Anda konsumsi tersebut tidak semuanya memiliki kandungan kalori yang sedikit. Ada yang memiliki tinggi kalori.

Mengapa orang yang sering mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori menjadi mudah gemuk dan kelebihan berat badan? Dalam beraktivitas kalori memang dibutuhkan untuk tubuh karena kalori dapat mengubah menjadi energi. Namun ketika di dalam tubuh terdapat kalori yang berlebih maka secara alamiah kalori akan disimpan sebagai cadangan dalam bentuk lemak.

Lemak pada tubuh seseorang akan tersimpan pada jaringan dibawah kulit. Sehingga ketika tubuh seseorang memiliki kelebihan lemak, maka kulit akan terlihat membesar dan gemuk. Oleh karena itulah ketika Anda sedang menjalani diet, haruslah mengatur konsumsi pola makan yang salah satunya adalah dengan menghindari makanan yang mengandung tinggi kalori dan lemak.

Buah yang mengandung rendah kalori

Bagi orang yang sedang menjalani diet, buah adalah salah satu makanan yang yang paling dianjurkan. Selain buah dapat mengenyangkan, baik untuk kesehatan pencernaan, juga kaya akan vitamin dan antioksidan yang sangat berguna bagi tubuh.

Beberapa buah yang memiliki kandungan rendah lemak antara lain adalah buah apel, melon, jeruk dan buah bit. Buah jeruk dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dalam hal kalori, buah jeruk hanya memiliki kandungan kalori sebanyak 47kal, dan lemak hanya 0,12 gram saja.

Begitu juga dengan buah bit. Meskipun tidak banyak orang yang menyukai buah bit, namun ternyata buah bit adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan juga diet. Buah ini memiliki kandungan kalori hanya 58kal dan lemak sebesar 0,23 gram saja.


Masih banyak lagi buah-buahan dengan tingkat kalori yang rendah yang dapat anda konsumsi seperti tomat, lemon, semangka, blewah, strawberry, dan lain sebagainya sebagai penunjang pola hidup sehat.

Sayur yang mengandung rendah kalori

Hampir semua sayur baik untuk kesehatan tubuh. Namun jika diklasifikasikan menjadi sayuran yang memiliki rendah kalori, ada beberapa diantaranya, meskipun pada kenyataannya kebanyakan sayur memiliki rendah kalori.

Banyak kandungan serat yang terdapat pada sayuran. Selain cocok untuk dikombinasikan dengan buah-buahan terutama pada saat diet, juga banyak nutrisi pada sayur yang baik untuk tubuh namun dengan kandungan kalori dan lemak yang rendah.

Beberapa sayur yang memiliki kandungan kalori yang paling rendah adalah kubis, kembang kol, lobak, saledri dan wortel. Sayur kubis memiliki kandungan kalori sebanyak 21 kal saja, dengan kandungan lemak 0,11 gram. tingkat kandungan tersebut terkasuk kategori sangat rendah. Selain itu sayur kubis bagus sebagai anti peradangan dan dapat membantu mencegah tumbuhnya sel kanker.

Kembang kol juga memiliki kandungan kalori yang rendah, yakni hanya 25 kal dan lemak 0,1 gram. Pada lobak memiliki kandungan kalori sebanyak 36 kal dan lemak 0,13 gram. Begitu juga dengan sayuran wortel. sayuran yang dikenal sebagai sayur untuk kesehatan mata ini memiliki kandungan kalori sebanyak 52 kal dan lemak 0,31 gram.

Susu rendah lemak

Banyak orang yang sudah mengetahui hal ini. Susu sapi segar sangat baik untuk kesehatan. Namun sebenarnya kandungan lemak pada susu segar masih dalam batas yang wajar. Akan tetapi sekarang ini sudah banyak produk susu yang memiliki formulasi sedemikian rupa sehingga memiliki kandungan lemak yang rendah.

Demikian beberapa daftar makanan rendah kalori yang baik untuk kesehatan, terutama untuk Anda yang sedang menjalankan diet. Dengan mengetahui daftar makanan rendah kalori, Anda dapat mengatur pola makanan dengan baik untuk menurunkan berat badan atau sebaliknya.