Cara Membuat Gigi Berlubang Cepat Lepas dan Aman

Cara membuat gigi berlubang cepat lepas dapat dilakukan dengan beberapa cara. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara membuat gigi berlubang cepat lepas dengan aman dan mudah tanpa perlu pergi ke dokter.

Gigi merupakan bagian dari mulut yang sangat penting karena berfungsi untuk mengunyah makanan yang akan dicerna pada tubuh. Ketika pola hidup sehat kurang dijalankan dengan baik, terutama mengenai kesehatan gigi, banyak orang yang mempunyai gigi berlubang. Hal ini tentu membuat tidak nyaman, selain karang gigi yang membuat bau mulut, juga lambat laun akan membuat gigi tersebut sakit.

Ketika gigi sudah terlanjur berlubang dan goyah. Banyak orang ingin mencabut atau melepas gigi tersebut dengan berbagai cara. Berikut ini adalah beberapa cara membuat gigi berlubang cepat lepas dan aman.

cara membuat gigi berlubang cepat lepas

Gambar: pharmatimes.com

Cara membuat gigi berlubang cepat lepas

1. Menggoyangkan gigi

Cara membuat gigi berlubang cepat lepas tidak harus instant, karena selain dapat mengganggu syaraf gigi juga beresiko menimbulkan pendarahan yang banyak pada saat gigi sudah lepas. Hal ini berlaku juga pada gigi yang tidak berlubang, karena pada dasarnya gigi berlubang dan gigi tidak berlubang adalah sama saja. Yang berbeda biasanya penyebab goyahnya gigi tersebut.

Ketika gigi sudah mulai goyah, Anda dapat membantu agar gigi cepat lepas dengan cara menggoyang-goyang kan gigi dengan menggunakan lidah secara perlahan dan terus menerus. Namun ketika menggoyangkan gigi dengan menggunakan lidah harus hati-hati karena dalam jangka waktu yang terus-menerus biasanya akan membuat lidah iritasi dan mengakibatkan sariawan. Terutama ketika lidah terkena bagian karang gigi yang kasar.

Cara alternatif menggoyangkan gigi adalah dengan menggunakan tangan. Sebelum melakukan ini, cucilah tangan terlebih dahulu dengan sabun antiseptik agar higienis. Kemudian tekan gigi yang ingin dicabut sambil perlahan digoyang-goyangkan dengan menggunakan tisu atau kain kasa.

Baca juga: Cara Mengatasi Gigi Retak dan Patah dengan Aman

Teknik menggoyangkan gigi dengan tangan ini harus dilakukan dengan sabar karena gigi tidak serta-merta akan langsung terlepas. Dibutuhkan waktu tertentu tergantung kekuatan gigi yang menempel pada gusi. Jika terlalu dipaksakan digoyangkan dengan keras, alih-alih bertujuan agar gigi cepat terlepas, malah beresiko timbulnya gangguan syaraf gigi dan rasa sakit yang hebat karena akan ada banyak darah dari gusi yang keluar.

2. Sering memakan makanan yang memicu gigi goyang


Salah satu yang dapat membantu gigi berlubang agar cepat lepas adalah dengan sering memakan makanan yang memicu gigi goyang. Diantaranya adalah biskuit yang memiliki tekstur keras, mengkonsumsi jagung rebus, mengunyah wortel, buah apel dan lain-lain.

Akan tetapi hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan teknik ini adalah Anda harus berhati-hati jangan sampai ketika gigi sudah terlepas nantinya malah ikut tertelan dengan makanan yang dikunyah. Terkadang mungkin Anda tidak akan mengetahuinya apakah gigi sudah lepas atau tidak, terutama bagi gigi yang sudah sangat goyah akan dengan mudah pula terlepas ketika mengkonsumsi makanan yang memiliki tekstur agak keras.

3. Mengunyah permen karet

Mengunyah peren karet adalah salah satu alternatif yang cukup efektif untuk membantu cara membuat gigi berlubang cepat lepas dengan aman, terutama pada gigi geraham. Dengan mengunyah permen karet, maka pergerakan dan tekanan gigi dengan permen karet akan membuat gigi geraham yang sudah goyah akan semakin goyah dan akhirnya diharapkan dapat terlepas dengan sendirinya.

Namun jika teknik ini tidak dapat membuat gigi telepas dengan sendirinya dan hanya membuat gigi semakin goyah, maka dapat dibantu lagi dengan teknik menggoyangkan gigi dengan lidah atau tangan yang bersih seperi yang sudah dijelaskan sebelumnya.

4. Mencabut gigi dengan bantuan dokter

Hal ini paling direkomendasikan bagi Anda yang ingin membuat gigi berlubang cepat lepas dan tentu sudah pasti aman karena ditangani dengan peralatan medis. Selain itu setelah dilakukan pencabutan gigi biasanya akan diberikan juga obat penghilang rasa nyeri setelah gigi lepas.

Banyak orang yang enggan pergi ke dokter gigi karena beberapa alasan. Namun sebenarnya mencabut gigi dengan bantuan dokter akan memberikan rasa aman terhadap berbagai resiko-resiko yang terjadi seperti gangguan syaraf gigi dan gusi bengkak. Hal ini karena sebelum mencabut gigi, dokter akan memeriksa terlebih dahulu gigi yang akan dilepas apakah aman untuk dicabut atau tidak.

Pada saat Anda ingin mencabut gigi dengan kondisi gigi sedang sakit karena goyah. Biasanya dokter tidak akan langsung mencabut gigi yang dimaksud karena alasan keamanan. Karena ketika gigi langsung dicabut dalam keadaan kondisi gigi sedang sakit, makan hal tersebut justru akan membahayakan pasien itu sendiri. Selain sangat beresiko mengganggu syaraf, juga dapat menimbulkan pendarahan yang hebat yang keluar dari gusi yang disertai dengan rasa sakit yang sangat.

Ketika gigi dalam kondisi sedang sakit, Pada umumnya dokter akan memberikan obat penghilang rasa nyeri terlebih dahulu selama beberapa hari dan akan diinstruksikan untuk kembali lagi setelah obat minum habis dan dalam kondisi gigi sedang tidak sakit. Hal ini akan lebih aman untuk mencabut gigi.

Selain itu, cara membuat gigi berlubang cepat lepas dengan bantuan dokter biasanya akan lebih bersih. Dalam artian gigi yang dicabut dapat sampai ke akar-akarnya. Berbeda dengan cara mencabut gigi secara manual, yang bisa saja tidak lepas hingga ke akarnya. Ujung-ujungnya Anda diharuskan ditangani oleh dokter gigi yang mempunyai peralatan medis yang lengkap dan mumpuni untuk menangani tindakan yang dimaksud.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat gigi berlubang cepat lepas dan aman. Semoga bermanfaat.