Bolehkah ibu hamil makan kelengkeng? ini penjelasannya…

Bolehkan ibu hamil makan kelengkeng? mungkin pertanyaan ini banyak ditanyakan oleh ibu yang sedang mengandung janin karena khawatir akan terjadi apa-apa ketika mengkonsumsi buah kelengkeng atau lengkeng. Namun apakah benar demikian?

Siapa yang tidak tergoda dengan manisnya buah lengkeng. Ketika mengkonsumsi buah kelengkeng, tidak jarang orang ketagihan karena rasa manis yang terdapat pada buah lengkeng ini menyegarkan .

Selain itu buah kelengkeng juga kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A, Vitamin B, B1, B2 dan B3, termasuk vitamin C juga terdapat pada buah yang satu ini. Mengingat kandungan nutrisi pada buah kelengkeng ini baik untuk kesehatan. Lalu mengapa banyak beredar mitos bahwa ibu hami berbahaya mengkonsumsi buah kelengkeng?

Bolehkah ibu hamil makan kelengkeng? Boleh!

Ibu hamil berarti sedang menopang janin yang dikandungnya. Ibu hamil sebenarnya memerlukan nutrisi lebih dari makanan yang biasa dikonsumsinya. Nutrisi itu termasuk dari buah-buahan. Salah satunya adalah dari buah kelengkeng.

Ibu hamil dituntut untuk banyak mengkonsumsi vitamin yang dapat menambah energi terutama ketika sedang beraktivitas sambil membawa janin yang dikandungnya. Jika kekurangan energi, hasilnya akan cepat lemas dan kurang bersemangat.

Didalam kelengkeng terdapat kandungan glukosa dan sukrosa yang dapat membantu menambah energi dalam tubuh. Dan ini penting untuk ibu hamil. Sehingga dengan demikian mengkonsumsi buah kelengkeng pada ibu hamil justru adalah ha yang dianjurkan.

Banyak yang menyebutkan bahwa ibu hamil berbahaya mengkonsumsi buah kelengkeng itu adalah salah satu mitos jawa yang belum ada bukti secara ilmiah yang menyatakan bahwa buah kelengkeng berbahaya dikonsumsi oleh ibu hamil.

Makanlah dalam porsi yang wajar

Segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Begitu juga dengan mengkonsumsi buah kelengkeng. Ada yang menyebutkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi buah kelengkeng dapat memberikan dampak buruk terhadap janin yang dikandungnya, terutama pada masa umur janin dibawah 3 bulan.

Namun lagi-lagi hal ini tidak ada fakta ilmiah yang menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi buah kelengkeng dapat mengakibatkan dampak buruk terhadap janin yang dikandung. Terkecuali misalnya mengkonsumsi buah nanas, tape, durian dan kol sudah ada anjuran dari dokter bahwa ketika sedang hamil jangan mengkonsumsi terlalu banyak buah-buahan tersebut.

Namun disamping itu semua, kandungan vitamin pada buah kelengkeng dapat membantu meningkatkan energi pada ibu hamil. karena pada dasarnya ibu hamil tidak ada pantangan tertentu terhadap makanan dan buah-buahan akan tetapi jangan berlebihan.

Sehingga jawaban terhadap pertanyaan bolehkah ibu hamil makan kelengkeng? tentu sangat boleh, namun jangan berlebihan yaa.