Begini Cara Mengobati Penyakit Maag dengan Obat

Cara mengobat penyakit maag dengan obat dapat dilakukan sendiri dengan aman tanpa resep dokter. Tentu dengan indikasi dengan benar. Jangan sampai kita mengkonsumsi obat keras yang dapat membahayakan jiwa.

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak dari masyarakat kita yang tidak menjalankan pola hidup sehat. Salah satunya adalah makan yang tidak teratur hingga menyebabkan gejala maag. Ketika hal ini berlangsung secara terus-menerus akan mengakibatkan kambuh suatu saat, bahkan dapat mengiritasi lambung hingga mengakibatkan maag akut.

Ada berbagai cara dalam mengobati sakit maag, salah satunya dengan obat. Namun ada obat maag yang aman untuk dikonsumsi tanpa resep dokter, dan ada pula obat maag yang harus dalam pengawasan dokter karena termasuk jenis obat keras. Dengan mengetahui beberapa jenis obat yang biasa digunakan untuk mengatasi maag, sedikit banyak kita jadi tahu kandungan dan fungsi obat yang ada didalamnya sehingga penyalahgunaan obat maag dapat dihindari.

Sebenarnya menggunakan obat untuk mengatasi penyakit maag aman-aman saja asalkan sesuai dengan dosis obat yang digunakan, karena penyakit maag ringan sebenarnya dapat diobati tanpa perlu menggunakan resep dokter.cara mengobati penyakit maag

Cara mengobati penyakit maag dengan obat

Setiap dokter memiliki banyak sekali cara dan referensi dalam mengobati penyakit maag. Namun seperti dikutip dari alodokter.com, pada umumnya dokter memberikan resep obat untuk mengobati penyakit maag dengan jenis obat seperti berikut.

1. Antasida

Antasida merupakan salah satu jenis obat yang paling banyak digunakan oleh dokter untuk mengatasi penyakit maag. Selain itu antasida juga banyak dijual di apotek dan warung untuk dikonsumsi oleh orang yang mengalami gejala maag ringan, tentunya dengan dosis yang aman.


Obat jenis Antasida berfungsi untuk membantu menetralkan asam lambung yang naik sehingga tidak akan mengakibatkan iritasi pada lambung dan saluran pencernaan lainnya. Karena Antasida termasuk kedalam jenis obat golongan aman, untuk itu Antasida sudah banyak dijual di warung dan apotek, bahkan iklan obat maag di televisi biasanya mengandung Antasida.

2. Alginat

Alginat merupakan salah satu jenis obat yang diberikan dokter untuk mengatasi maag dengan gejala refluks atau kembalinya makanan pada lambung hingga ke kerongkongan. Hal ini akan mengakibatkan rasa nyeri dan tidak enak pada kerongkongan. Cara mengobati penyakit maag dengan obat ini harus dengan resep dokter.

3. Antagonis Reseptor

Obat jenis antagonis reseptor merupakan jenis obat yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan antasida. Namun dengan kandungan dan dosis yang berbeda. Untuk dapat menggunakan obat ini harus dengan resep dokter karena termasuk kedalam obat keras.

4. Antibiotik

Setiap orang yang mengalami gejala penyakit maag berbeda-beda tergantung penyebab dan daya tahan tubuh seseorang. Biasanya dokter memberikan obat jenis ini untuk menekan bakteri, salah satunya adalah bakteri yang disebut dengan Helicobacter pylori. Memang tidak semua orang terindikasi terdapat bakteri, untuk itulah berkonsultasi dengan dokter ahli itu perlu.

5. Obat Antidepresan

Sesuai dengan namanya, Antidepresan adalah salah satu obat yang berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri. Ketika seseorang mengalami gejal penyakit maag yang sudah akut dan menimbulkan rasa nyeri yang hebat, maka biasanya dokter akan memberikan obat antidepresan untuk mengurangi rasa nyeri pada lambung.  Tentu obat jenis ini harus dengan resep dokter karena termasuk kedalam jenis obat keras dan tidak boleh dikonsumsi sendiri tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Demikian cara mengobati penyakit maag dengan obat yang perlu anda ketahui. Namun seperti pepatah mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebaiknya gejala maag ini dicegah dengan memakan makanan yang teratur dan hindari memakan makanan yang dapat memicu kenaikan asam lambung.