Apakah Mungkin Terapi Gagal Ginjal Dilakukan Tanpa Cuci Darah?

Biasanya terapi gagal ginjal harus dilakukan cuci dara secara rutin untuk menggantikan proses kerja ginjal yang tidak bekerja. Cuci darah harus dilakukan di rumah sakit dengan peralatan yang memadai. Namun apakah terapi gagal ginjal dapat dilakukan tanpa melakukan cuci darah?

Gagal ginjal merupakan salah satu gangguan kronis yang mana ginjal tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Bisa jadi fungsi ginjal telah menurun atau tidak bekerja sama sekali. Hal ini merupakah kondisi yang berbahaya karena bisa menyebabkan kematian.

Gagal ginjal biasanya terjadi pada orang yang sudah usia lanjut. Namun tidak sedikit juga orang yang belum usia lanjut sudah terkena gagal ginjal, hal ini lazim terjadi pada seseorang yang berumur antara 30 hingga 45 tahun. Banyak faktor penyebab terjadinya gagal ginjal pada seseorang karena pola hidup yang tidak sehat.

Pola hidup sehat yang tidak dijalankan oleh seseorang bisa menjadi salah satu penyebab gagal ginjal. Antara lain karena sering mengkonsumsi makanan yang mempunyai kadar gizi yang tidak seimbang, atau kurang berolahraga juga bisa jadi penyebabnya. Akan tetapi belakangan ini banyak terjadi gagal ginjal yang disertai komplikasi dengan penyakit diabetes dan hipertensi.

Ketika ginjal mengalami penurunan fungsi atau kehilangan fungsi, maka tentu saja sistem metabolisme dalam tubuh akan terganggu. Salah satu fungsi ginjal adalah menyaring dan membuang toksin hasil pencernaan yang akhirnya disalurkan melalui kandung kemih. Ketika ini terganggu, maka akan mengakibatkan peningkatan tekanan darah, muntah-muntah, atau bahkan kematian jika tidak segera ditangani.

Terapi sel induk sebagai pengganti cuci darah

Ketika seseorang mengalami gagal ginjal, lazimnya adalah dilakukan cuci darah secara rutin oleh tenaga medis ahli sebagai terapi gagal ginjal atau metode pengobatan yang dilakukan. Selain cuci darah, juga dapat dilakukan transplantasi ginjal atau lebih dikenal dengan cangkok ginjal dari donor ginjal yang sehat.

Namun ternyata ada satu metode selain cuci darah yang dapat digunakan sebagai terapi gagal ginjal, yaitu dengan terapi sel induk. Sel induk merupakan metode terapi gagal ginjal yang mana metode ini dapat memperbaiki jaringan yang terdapat pada sel-sel ginjal termasuk sel-sel yang sakit dan memulihkan fungsi ginjal tersebut.

Terapi sel induk merupakan salah satu pengembangan dari medis yang relatif baru untuk pengobatan gagal ginjal. Secara teknis, metode pengobatan jenis ini dilakukan cara yang disebut dengan intervensi arteri. Intervensi arteri ini akan menekan virus-virus yang mengganggu pada ginjal.

Terapi Sel Induk juga mampu mencegah gagal ginjal secara signifikan dari komplikasi lanjutan yang dapat membahayakan, terutama ketika penyakit ginjal sudah kronis atau parah. Terapi Sel Induk biasanya menyatu dengan pengobatan antifibrotik. Antifibrotik ini merupakan proses penyembuhan fungsi ginjal melalui penekanan serat kalogen dalam ginjal dan mengganti sel-sel bagian ginjal yang telah rusak dan menumbuhkan sel-sel baru.

Selain daripada itu, terapi sel induk berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan meningkatkan fungsi hati agar optimal. Dengan daya tahan tubuh yang baik dapat membantu untuk mencegah munculnya penyakit baru akibat dari gagal ginjal yang dapat menyebabkan komplikasi.

Menjaga pola hidup sehat

Metode pengobatan cuci darah pada penderita gagal ginjal sudah banyak di rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun untuk fasilitas pengobatan untuk terapi sel induk yang ada di Indonesia masih terbatas. Di luar negeri sudah banyak rumah sakit yang mendukung fasilitas terapi sel induk

Salah satu faktor pendukung ketika melakukan terapi sel induk adalah dengan menjalankan pola hidup sehat yang benar. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung rendah protein dan memilih makanan yang memiliki banyak kandungan asam folat, vitamin dan fosfor.

Demikian penjelasan mengenai terapi pengobatan gagal ginjal selain cuci darah. Dengan menjalankan pola hidup sehat sejak dini akan terhindar dari berbagai penyakit.