5 Kegunaan lemon untuk wajah agar senantiasa cantik

Buah lemon adalah salah satu buah yang memiliki rasa segar dan wangi ketika digunakan sebagai minuman. Namun tahukan Anda bahwa ternyata buah lemon sangat bermanfaat untuk kecantikan wajah?

Buah lemon memiliki beberapa kandungan vitamin terutama vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Buah lemon juga pada saat sekarang banyak dijadikan sebagai bahan utama dari produk kosmetik wajah. Namun Anda juga dapat menggunakan buah lemon langsung untuk digunakan pada wajah Anda. Berikut ini adalah lima kegunaan lemon untuk wajah.

Kegunaan lemon untuk wajah: mengatasi jerawat

Jerawat merupakan salah satu gangguan kecil yang ada pada kulit wajah. Namun efeknya bisa cukup besar antara lain membuat wajah menjadi kusam dan tidak enak untuk dipandang dan mengurangi rasa percaya diri. Ada juga sebagian orang yang mengatakan bahwa ketika seseorang berjerawat dalam waktu yang lama. Itu menandakan bagaimana orang tersebut mau merawat diri atau tidak. Terutama pada wanita.

Banyak orang yang langsung menggunakan obat jerawat yang terbuat dari bahan-bahan kimia yang mungkin kita tidak tahu efek samping yang ditimbulkannya. Namun siapa sangka sebenarnya cukup banyak obat jerawat yang bisa didapatkan dari bahan-bahan alami termasuk dari buah-buahan. Salah satunya adalah buah lemon. Ternyata buah lemon efektif untuk mengatasi jerawat pada hampir semua jenis kulit wajah tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Dan tentunya terbebas dari bahan-bahan kimia.

Banyak wanita terutama anak remaja mengatakan bahwa jerawat adalah salah satu gangguan yang menyebalkan dan mengurangi rasa percaya diri ketika sedang beraktivitas. Apalagi ketika jerawat tersebut sulit dihilangkan.

Buah lemon juga terkandung cairan alami yang efektif membersihkan kulit wajah dan membantu menyembuhkan jerawat secara alami. Buah lemon juga terkandung zat antibakteri yang dapat menekan pertumbuhan jamur.

Kegunaan lemon untuk wajah: menghilangkan kulit berminyak

Tidak jarang buah lemon digunakan sejak zaman dulu untuk perawatan wajah secara alami. Bahkan sudah beredar produk-produk kecantikan berdasarkan ekstrak jeruk lemon. Karena memang selain manfaat buah lemon untuk kesehatan, juga bermanfaat untuk kecantikan.


Salah satu manfaat buah lemon adalah membersihkan minyak-minyak yang terdapat pada kulit wajah secara alami. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Cukup dengan kapas dan air jeruk lemon kemudian bersihkan kulit wajah dengan kapas tersebut. Setelah itu cuci muka dengan air bersih.

Mencerahkan kulit kusam

Kulit wajah yang kusam tidak hanya disebabkan oleh kelelahan atau faktor psikologis semata. Namun dapat disebabkan oleh kulit wajah itu sendiri. Sebenarnya banyak sabun muka yang seudah beredar dipasaran dengan berbagai jenis dan merk produk. Namun banyak juga yang lebih menyukai bahan-bahan tradisional alami dan terbebas dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Buah lemon dapat digunakan untuk mencuci muka untuk mencerahka kulit yang kusam dan kurang bercahaya. Caranya mudah saja. Potong buah lemon menjadi 2 bagian, setelah itu teteskan madu pada potongan buah jeruk lemon tersebut. Setelah itu gosok-gosokan secara perlahan pada wajah. Setelah itu cuci muka dengan air bersih.

Melembapkan bibir

Bibir merupakan bagian penting terhadap penampilan terutama bagi kaum hawa. Bibir yang terlihat tidak sehat dapat memperngaruhi setiap penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Untuk itu memelihara kesehatan bibir termasuk penting. Karena sehat selain bagus untuk diri sendiri, juga akan menambah rasa percaya diri di setiap penampilan Anda.

Salah satu metode sehat yang dapat digunakan untuk melembapkan bibir adalah dengan buah lemon. Caranya pun sangat mudah. Cukup dengan menggosokan sepotong buah lemon pada bibir secara perlahan. Setelah itu cuci bibir anda dengan air bersih. Lakukan hal ini setiap kali Anda membutuhkannya.

Membantu mengecilkan pori-pori wajah

Noda bekas jerawat pada wajah akan meninggalkan bekas yang terlihat. Hal ini karena pori-pori kulit wajah membesar. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mengecilkan pori-pori wajah tersebut. Sari buah lemon dapat membantu mengecilkan pori-pori pada wajah. Efeknya dapat menyamarkan noda bekas jerawat dan mencegah timbulnya jerawat kembali pada wajah.