5 Cara Agar Anak Cepat Gemuk yang Tepat dan Aman

Cara agar anak cepat gemuk sebenarnya cukup mudah. Tentu dengan cara yang tepat dan aman. Memiliki anak yang memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan setiap orang tua. Terutama jika anak tersebut memiliki tumbuh kembang yang baik, sehat dan cerdas.

Pada dasarnya setiap anak dapat ditingkatkan berat badannya dengan memberikan asupan gizi yang lebih banyak. Terutama ketika dalam masa pertumbuhan. Namun faktanya banyak kendala-kendala yang dialami para orang tua. Diantaranya adalah ketika menghadapi anak yang susah makan.

Salah satu cara alternatif untuk menghadapi anak yang susah makan adalah dengan cara memberikan suplemen multivitamin, dan membuat makanan yang menarik minat anak secara visual untuk memakannya, sererti membuat berbagai bentuk lucu dari makanan, dan lain sebagainya.

Namun ada langkah yang dapat dilakukan sebagai cara agar anak cepat gemuk. Beberapa diantaranya adalah dengan menerapkan cara-cara seperti yang akan dijelaskan berikut ini. Namun sebelum itu para orang tua harus mengetahui terlebih dahulu apakah anak tersebut memiliki berat badan yang termasuk ideal atau tidak.

Image: http://theconversation.com

Apakah berat badan anak Anda sudah ideal?

Banyak orang tua yang khawatir bahwa anaknya kelebihan berat badan atau kegemukan. Namun di sisi lain banyak orang tua juga yang khawatir anaknya kurus dan berusaha mencari cara agar anak cepat gemuk. Baik itu dengan multivitamin dan menambah porsi makan anak. Namun sayangnya cara-cara tersebut tidaklah sepenuhnya efektif.

Ketika orang tua mencoba memperbanyak porsi makan pada anaknya, hanya akan membuat anak menjadi tambah tidak mau makan. Bahkan pada kasus tertentu multivitamin juga tidak banyak membantu dalam menambah nafsu makan si buah hati mereka karena ada kesalahan penanganan yang mengakibatkan anak trauma terhadap makanan tertentu, bahkan hingga dewasa ada orang yang takut atau enggan dengan makanan tertentu.

Mungkin sebagai orang tua menginginkan anaknya gemuk dan sehat. Namun harus diketahui dahulu apakah berat badan anak sudah ideal atau belum. Karena jika berat badan anak diatas ideal, maka hal tersebut akan beresiko menjadi kelebihan berat badan. Sebaliknya jika berat anak dibawah ideal, maka biasanya anak tersebut terlihat kurus.

Namun para orang tua tidak perlu khawatir karena anak yang kurus, karena kurus bukan berarti anak tersebut tidak sehat dan beresiko terkena penyakit berbahaya. Kecuali memang anak tersebut kekurangan asupan gizi. Bahkan yang lebih beresiko terkena penyakit berbahaya adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Ada beberapa penyebab mengapa berat badan anak kurang atau terlihat kurus, diantaranya adalah asupan gizi yang kurang, atau memang dari genetika bawaan orang tua yang memang juga tidak gemuk.


Cara menentukan berat badan anak apakah ideal atau tidak

Cara menentukan berat badan anak apakah sudah ideal atau tidak sebenarnya cukup mudah.  Salah satunya adalah dengan melihat kurva WHO. Kurva WHO merupakanan kurva yang berstandar internasional yang menggambarkan pertumbuhan anak. Yang mana kurva WHO ini sering digunakan sebagai acuan untuk mendukung pertumbuhan anak yang optimal. Sehingga dengan standarisasi seperti ini, seorang anak dapat diketahui apakah pertumbuhannnya berkembang atau terhambat.

Kurva WHO saat sekarang ini juga sering digunakan sebagai acuan pertumbuhan anak di departemen kesehatan, puskesmas dan posyandu. kurva WHO yang dikenal selama ini juga disebut dengan Kartu Menuju Sehat (KMS). Contoh kurva WHO untuk berat badan berdasarkan usia dapat dilihat seperti dibawah ini.

cara agar anak cepat gemuk

Kurva WHO, usia terhadap berat badan untuk anak laki-laki 0-5 tahun.

 

cara agar anak cepat gemuk

Kurva WHO, usia terhadap berat badan untuk anak perempuan 0-5 tahun.

Cara agar anak cepat gemuk yang tepat dan aman

Siapa orang tua yang tidak menginginkan anaknya gemuk dan sehat. Biasanya segala cara dilakukan agar anaknya bisa gemuk dan sehat tentunya. Salah satunya adalah kekhawatiran para orang tua yang melihat anaknya terlihat kurus. Padahal sebenarnya anak terlihat kurus itu bukan berarti anak tersebut tidak sehat. Banyak anak yang kurus namun sehat dan bersemangan sepanjang aktivitasnya.

Namun disamping itu banyak anak yang kurus dan memiliki berat badan yang tidak ideal. Nah kasus seperti ini orang tua boleh melakukan cara-cara tertentu agar anak bisa terlihat lebih gemuk dan memiliki berat badan yang ideal.

Berikutnya>>

Tags:,